Selama ini ketika kita akan menjual Handphone yang kita lakukan yaitu menghilangkan data data kita, membenarkan hardware yang rusak lalu membuat si Handphone itu kembali seperti awal/baru. Se sederhana itu untuk menjual Handpshone agar dapat di beli orang lain. Tapi apakah kalian tahu? Ada beberapa hal yang sering kalian lupakan yaitu data penting kita bisa di kembalikan dan di salah gunakan. Dari pada terjadi hal yang tidak-tidak lebih baik ikuti pencegahan berikut.

  1. Factory Reset dengan benar
    Apabila Handphone kalian belum pernah dioprek dan dimodifikasi sedemikian rupa, maka langkah factory reset langsung melalui Settings merupakan hal yang normal. Namun, ada cara lainnya bagi kita yang sudah me-root handphone dan memasang custom recovery seperti TWRP. Custom recovery (atau recovery mode di beberapa smartphone) memiliki fitur Wipe yang memiliki keefektifan yang sama dengan menu factory reset di dalam Android.
  2. Enskripsi Data
    Jika kita tidak mau seseorang untuk mengambil data penting dan pribadi dengan mudah, maka Android juga menyediakan fitur Encrypt. Fitur ini dapat mengacak data dan menguncinya dengan kunci kriptografi khusus. Dengan begitu, data yang tersimpan di dalamnya akan sulit untuk dibuka oleh orang lain karena memerlukan kunci.
  3. Langkat Factory Reset
    Settings > Backup & reset >Factory data reset. Jangan lupa untuk menceklis pilihan Erase stored content apabila benar-benar ingin menghapus seluruh data yang ada.