Hadirnya Pesaing siri ala Huawei. Siri tampaknya harus merasa waspada dengan keberadaannya di negeri tirai bambu, pasalnya dikutip dari Ubergizmo, Huawei selaku produsen asli asal cina telah mengerahkan tim yang terdiri dari 100 engineer untuk mengembangkan sebuah asisten yang mirip dengan siri.

Hadirnya Pesaing siri ala Huawei. Seperti yang kita ketahui bersama, teknologi asisten berbasis perintah suara sudah banyak diminati oleh para raksasa di jagat teknologi, sebut saja Apple dengan Siri, Google dengan Google Assistant, atau Microsoft dengan Cortana dan amazon dengan Alexanya. Menyusul empat perusahaan tadi, Huawei juga berencana untuk membuat asisten perintah suara.

Kabar ketertarikan Huawei dalam mengembangkan asisten berbasis perintah suara ini pertama kali dihembuskan oleh Bloomberg. Informasi ini didapat dari hasil wawancara dengan salah seorang sumber yang mengaku tahu dengan rencana ini. Melihat ketertarikan Huawei dalam mengembangkan project ini tentunya akan semakin menambah panasnya persaingan asisten berbasis perintah suara

Di tahap awal Para tenaga ahli yang  berkantor di Shenzhen, China akan berupaya membuat asisten perintah suara untuk mengejar ketertinggalan mereka terhadap teknologi asisten berbasis perintah suara yang sudah lebih dulu eksis di jagat teknologi semacam siri. Nantinya, para team tersebut akan membuat asisten berbasis perintah suara buatan mereka dapat berkomunikasi dalam bahasa Mandarin untuk pengguna lokal dan Untuk pengguna luar, Huawei akan menyiapkan dengan dukungan bahasa Inggris.
Disebutkan juga dalam laporan tersebut jika hadirnya asisten perintah suara milik Huawei ini akan berpotensi menumbangkan posisi Siri, yang mana sudah menjadi rahasia umum jika siri memiliki pangsa pasar yang luas di China. Sementara untuk Google Asisstant, berhubung hampir semua produk Google diblokir di China, maka ini tidak menjadi ancaman yang serius bagi Huawei.

Hadirnya Pesaing siri ala Huawei. Rencana Huawei mengembangkan asisten berbasis perintah suara ini sebenarnya cukup mengagetkan. Pasalnya, beberapa waktu lalu vendor ponsel asal China ini baru belum lama ini  dilaporkan bekerja sama dengan Amazon untuk menghadirkan asisten berbasis perintah suara Alexa di ponsel terbarunya.