Google baru – baru ini mengupdate aplikasi yang banyak orang tunggu. Fitur memo pada smartphone Android dirasa kurang mendukung untuk mebuat list prioritas atau hal – hal penting yang harus dilakukan. Google Task pada dasarnya adalah aplikasi untuk membuat to-do list. Fitur ini sangat penting bagi banyak orang yang ingin membuat perencanaan dalam mencapai target tertentu atau menjadwalkan pekerjaan.

Penampilan dan Integrasi yang Baik

Sebelum membahas apa kekurangan app ini, mari melihat apa hal positif yang diberikan oleh Google. Dalam membuat Google Task, pihak Google telah mengintegrasi penggunaannya dengan tampilan terbaru seperti Gmail. Tidak hanya tampilan, beberapa fungsi dari app ini bahkan dapat digabungkan ke dalam Aplikasi emai dari Google tersebut.

Tampilan yang diupgrade ini tidak hanya font dan menu lho! Navigasi dan penggunaan pun lebih mudah. Anda bahkan bisa membuka sidebar yang mengarahkan pada menu Gmail. Sidebar ini berfungsi untuk men-drag E-mail yang berhubungan dengan task yang ingin Anda selesaikan.

Terlalu Biasa

Nah sekarang akan dibahas mengapa aplikasi ini masih harus dikembangkan. Hal yang utama adalah fungsi membuat list memang ada dan cukup mudah digunakan, masalahnya fungsi ini tidak menawarkan hal lain. Dalam membuat daftar tugas, tentu Anda mengharapkan fungsi reminder, pengaturan prioritas dan pembuatan catatan kaki.

List yang dibuat dengan Google Tast terasa sama saja dengan membuat to-do list menggunakan kertas. Google masih memiliki aplikasi berupa reminder yang ada di fungsi app calendar di Android, tapi mengapa Google Task tidak punya fungsi ini? Mengapa tidak membuat Google Task berintegrasi dengan reminder di Calendar? Pertanyaan – pertanyaan ini tentu seharusnya tidak perlu sampai muncul, jika app ini lebih dikembangkan.

Hal lain yang mengecewakan adalah fungsi pencari. Semisal Anda membuat to-do list yang panjang, Anda terpaksa mencari task tertentu secara manual. Google Task tidak menyediakan fungsi search untuk tugas yang Anda masukan ke dalam list.

Kesimpulan

Integrasi Gmail di aplikasi ini cukup keren, tapi sisi negatif yang terlalu biasa membuat Google Tast belum dapat menjadi app list yang baik. Masih banyak hal yang harus diperbaiki dan diupgrade untuk membuat app ini pantas digunakan.