Pernahkah Anda merasa kerepotan ketika harus menggunakan smartphone  namun tangan sedang sibuk mengerjakan yang lain? Misalnya sedang makan, sedang dalam keadaan yang kotor karena mengerjakan sesuatu, atau hal lain yang membuat tangan Anda tidak bisa bergerak dengan bebas seperti biasanya. Tentu merepotkan jika hanya ingin membalas pesan atau memutar musik saja harus cuci tangan terlebih dahulu agar ponsel Anda tidak ikutan kotor. Dengan menggunakan Google Assistant Anda bisa menggunakan smartphone untuk googling, menelepon seseorang, bertanya tentang cuaca, memainkan musik pilihan, dan masih banyak lagi lainnya. Google Assistant adalah aplikasi untuk smartphone yang wajib untuk Anda miliki sekarang juga.

Pengguna Android tidak perlu iri dengan pengguna iPhone yang punya Siri karena Google sudah mengembangkan sistem AI untuk asisten pengguna smartphone berbasis Android-nya sendiri. Ketika Anda sedang makan, ketika sedang menyetir, ketika tangan Anda sedang sibuk dengan sesuatu, Google Assistant siap untuk dipanggil dan melaksanakan perintah Anda. Dengan Google Assistant Anda bisa melakukan perintah-perintah berikut ini tanpa harus menggunakan tangan:

–               Mendapatkan laporan mengenai cuaca hari ini

–               Memanggil Anda dengan nama sapaan pilihan Anda

–               Mengatur alarm

–               Menelepon

–               Mengirimkan pesan menggunakan aplikasi perpesanan yang ada di ponsel Anda

–               Memainkan musik pilihan dari aplikasi musik atau streaming di ponsel Anda

–               Membuka aplikasi apapun yang Anda inginkan

–               Navigasi

–               Mengatur agenda kalender

–               Mengetahui berita paling baru, dan masih banyak lagi lainnya.

Google Assistant bisa Anda akses dengan mudah, hanya dengan menekan tombol home pada ponsel selama dua detik atau mengucapkan “Hey Google”, maka aplikasi ini sudah akan terbuka secara otomatis dan Anda bisa langsung berikan perintah yang diinginkan. Untuk menggunakannya, Anda bisa memilih bahasa yang akan digunakan. Jika pengaturan smartphone Anda dalam Bahasa Inggris maka perintah pada Google Assistant pun hanya bisa dalam Bahasa Inggris, demikian juga dengan Bahasa Indonesia, dan bahasa lainnya. Google Assistant bisa jadi fitur aplikasi yang sangat membantu dalam menggunakan smartphone tanpa harus menggunakan tangan Anda.