Google Allo, Si Pintar Pembunuh Whatsapp. Persaingan pasar mobile ditengarai menumbuhkan bentuk persaingan baru, jika sebelumnya Google merilis Google Duo untuk menyaingi facetime Apple. Kini raksasa mesin pencarian tersebut baru saja merilis Google Allo yang memang dipersiapkan untuk ”merusak ekosistem” pengantar pesan digital Whatsapp. Lantas apa sajakah senjata yang dipersiapkan google allo untuk menyaingi whatsapp?

Kesan Whatsapp langsung terlihat bahkan ketika baru pertama kali mendaftarkan akun. Sama seperti kebanyakan aplikasi sejenis, anda perlu mendaftarkan nomor telepon dan memastikan diri anda sebagai pemilik nomor tersebut dengan memasukan kode yang sebelumnya sudah dikirimkan ke nomor yang sudah anda daftarkan. Selanjutnya Google Allo akan memeriksa daftar kontak yang sudah terintegrasi dengan Google Allo yang untuk selanjutnya akan masuk kedaftar kontak aktif di Google Allo.

 

Google-Allo,-Si-Pintar-Pembunuh-Whatsapp-26092016-gari1

 

Yang menarik dari aplikasi ini dan juga mungkin hanya ada di Google Allo, selain memiliki fitur emoji untuk menghidupkan percakapan, Google juga telah melengkapi Google Allo dengan sebuah asisten berbasis virtual yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengannya didalam percakapan. Caranya cukup sederhana, pengguna akan diberikan dua pilihan untuk berinteraksi dengan asisten virtual tersebut. Pertama, bisa melalui chat langsung secara pribadi ke akun Google Assistant atau menambahkannya ke dalam chat pribadi bersama pengguna lain dengan me-mention @google.

 

Google-Allo,-Si-Pintar-Pembunuh-Whatsapp-26092016-gari3Google-Allo,-Si-Pintar-Pembunuh-Whatsapp-26092016-gari2

 

Sebagai contoh, jika anda sedang merencanakan makan malam bersama pasangan anda melalui chat di Google Allo, anda bisa meminta bantuan dicarikan tempat terdekat dari lokasi anda dengan me-mention @google kedalam percakapan. Maka untuk selanjutnya Bot Google Allo akan menampilkan beberapa pilihan tempat makan terdekat beserta petunjuk jalan untuk menuju ke tempat makan tersebut. Google Allo bahkan mampu memberikan informasi cuaca terkini secara mendetail atau bahkan memberikan informasi terkait kandungan suatu makanan.

 

Google-Allo,-Si-Pintar-Pembunuh-Whatsapp-26092016-gari4

Google Allo merekomendasikan tempat

 

Selain itu, dengan bertukar pesan melalui Google Allo pengguna akan diberikan kemudahan dalam membalas pesan berkat disematkannya fitur smart reply. Yang mana dengan adanya fitur smart reply pengguna akan diberikan saran kata-kata yang tepat untuk membalas suatu percakapan. Sebagai contoh, jika pengguna mendapatkan pesan berupa kalimat pertanyaan “Bagaimana Kabar Kamu?” Google Allo akan menyarankan kalimat “Baik” atau “Buruk” untuk membalas pertanyaan tersebut.

 

Google-Allo,-Si-Pintar-Pembunuh-Whatsapp-26092016-gari5

 

Terlepas dari segudang fitur yang disodorkan, Google Allo tentu memiliki kelemahan yaitu jumlah penggunanya yang masih sedikit. Namun seiring bertambahnya waktu, berbekal fitur yang inovatif bukan tidak mungkin Google Allo akan mampu menyalip Whatsapp kedepannya .

Bagaimana? Tertarik untuk mendownload?