Goodreads, Simpan Halaman Buku ke Dalam Smartphone. Barangkali, karna jumlah orang yang hobi membaca buku semakin meningkat? Atau kebutuhan manusia akan manajemen waktu semakin tinggi atau mungkin banyak diantara mereka yang hobi membaca buku lebih sering mengecek smartphone mereka ketimbang memperhatikan pembatas buku yang begitu kecil sehingga nyaris hilang setiap saat. Bisa jadi karna membaca buku bukan berarti harus melalui “buku” juga.

 

Goodreads,-Simpan-Halaman-Buku-ke-Dalam-Smartphone-25102016-gari1

 

Paling tidak kita sepakat jika membaca kini tidak lagi terkotak hanya melalui lembaran-lembaran didalam buku. Perkembangan teknologi, seperti yang diharapkan mampu membawa pengalaman membaca ketingkat yang lebih praktis. Usahlah menyusahkan pundak dengan membawa buku yang terlalu banyak kedalam tas ransel, dewasa kini membawa ratusan buku se-ringan membawa tablet PC 7” atau bahkan sama beratnya dengan smartphone yang berada disaku kanan.

 

Goodreads,-Simpan-Halaman-Buku-ke-Dalam-Smartphone-25102016-gari1 Goodreads,-Simpan-Halaman-Buku-ke-Dalam-Smartphone-25102016-gari2 Goodreads,-Simpan-Halaman-Buku-ke-Dalam-Smartphone-25102016-gari3

 

Goodreads, Simpan Halaman Buku ke Dalam Smartphone. Karna mudahnya membawa buku-buku tersebut kemanapun, muncul lagi beberapa permasalahan baru yaitu memilah buku mana saja yang sudah atau belum dibaca, buku mana yang harus dibaca atau lebih sederhana lagi sudah sampai mana buku-buku tersebut kita baca. Menjawab permasalah tersebut ,Goodread mungkin adalah jawaban atas permasalahan-permasalahan kecil tersebut.

 

Hadir secara gratis di Android dan iOS, aplikasi Goodreads memang dikhususkan bagi mereka yang ingin lebih sederhana lagi dalam memanajemen buku-buku bacaan mereka didalam smartphone. Memanajemen disini berarti, pengguna aplikasi ini bisa memilah dan memasukan beberapa buku kedalam beberapa kategori seperti: buku yang sudah selesai dibaca, buku yang sedang dibaca dan buku yang ingin dibaca.

 

Goodreads,-Simpan-Halaman-Buku-ke-Dalam-Smartphone-25102016-gari5 Goodreads,-Simpan-Halaman-Buku-ke-Dalam-Smartphone-25102016-gari4

 

Selain ketiga kategori diatas, pengguna goodreads bisa menambah satu atau mungkin beberapa kategori tambahan sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebagai contoh, saya membuat sebuah kategori baru yaitu buku yang sedang dibaca ulang maka kedepan saya bisa mengubah buku yang sudah selesai saya baca kedalam kategori buku yang sedang dibaca ulang. Keunikan atau bisa dikatakan sebagai nilai tambah dari aplikasi ini adalah ketika anda memsaukan sebuah judul buku kedalam kategori buku yang sedang dibaca, anda bisa menyimpan sudah sejauh mana buku tersebut anda baca. Dengan kata lain anda bisa memberikan pembatas  buku kedalam aplikasi ini.

 

Selain itu, dengan goodreads anda bisa memberikan nilai dalam bentuk sebuah rating atas buku yang sudah dibaca dan bisa menfollow penulisnya untuk mendapatkan informasi terkait buku-buku baru dari sipenulis. Anda juga memberikan rekomendasi buku kepada teman-teman anda di goodreads dan mencari rekomendasi buku yang ingin and abaca.

 

Goodreads, Simpan Halaman Buku ke Dalam Smartphone. Goodreads, memang bukanlah sebuah aplikasi untuk anda membaca buku. Tapi dengannya pengalaman anda membaca buku dalam “bentuk” yang lain akan semakin mudah dan praktis berkat fitur yang memungkinkan anda berbagi dan menerima rekomendasi buku yang sedang tren dengan pengguna lain atau bahkan mendapatkan informasi buku baru dari penulis favorit anda.