Berbagai Smartphone tentunya memiliki tombol volume yang biasanya digunakan untuk mengatur tingkat suara dari Smartphone.

Mungkin beberapa orang hanya mengetahui fungsi volume pada Smartphone berfungsi hanya sebagai mengatur keras pelannya suara. Tapi ternyata banyak fungsi dari volume Smartphone yang belum diketahui. Banyak hal – hal yang dapat dilakukan oleh volume tersebut, apa saja ya fungsi yang belum kalian ketahui?

Berikut fungsi tombol volume yang harus kamu ketahui:

1.Zoom in atau zoom out pada kamera

Banyak aplikasi kamera saat ini yang mendukung adanya penggunaan tombol volume dalam user interface. Jadi pengguna bisa menggunakan atau mengubah fungsi tombol sebagai zoom in atau zoom out pada saat membuka aplikasi kamera. Jadi lebih mudah bukan?

2.Menghidupkan layar Smartphone

Ternyata dengan menggunakan tombol volume, pengguna bisa menghidupkan layar Smartphone. Biasanya untuk menghidupkan layar Smartphone menggunakan tombol power atau bisa menggunakan fitur double tap to wake. Kini sudah banyak caranya ketika cara sebelumnya sudah tidak dapat digunakan lagi. Sangat membantu juga untuk pengguna Smartphone.

3.Mengambil foto

Tidak hanya zoom in atau zoom saja, tombol volume ini juga bisa mengambail gambar/foto. Jadi bisa dijadikan sebagai tombol Shutter. Sangat mudah dilakukan ketika pengambilan foto.

4.Membuka lock screen

Dengan menggunakan tombol volume, pengguna dapat menjadi sebagai lock screen dan bisa dibuat dari kombinasi tombol volume. Tidak hanya itu pengguna bisa membuat kombinasi yang rumit agar tidak mudah dibuka oleh orang lain. Jika sudah bisa tekan kombinasi tombol volume untuk membukanya.

Masih banyak fungsi yang terdapat di tombol volume yang belum diketahui bukan? Ternyata tanpa kita sadari banyak fungsi fungsi yang dapat membantu kita untuk mempermudah kegiatan setiap saatnya. Itulah fungsi tombol volume yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.