Smartphone merupakan alat komunikasi yang sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Tidak dipungkiri lagi teknologi Smartphone sudah semakin canggih.

Teknologi pada Smartphone banyak sekali update – an barunya, mulai dari tampilan, performa, fitur yang terdapat didalamnya. Tidak hanya itu, alat komunikasinyapun sudah mulai update. Biasanya pengguna Smartphone banyak sekali memanfaatkan fitur – fitur yang terbaru.

Dalam fitur – fitur Smartphone yang terbaru banyak orang yang tidak mengetahuinya untuk apa itu dan sebagai apa fitur yang disediakan. Walaupun fitur – fiturnya sederhana tapi fungsi dari fitur tersebut dapat memaksimalkan penggunaan Smartphone. Berikut fungsi dari fitur – fitur Smartphone yang jarang orang ketahui:

1.Menjalankan perintah suara saat layar terkunci

Semua Smartphone memiliki fitur untuk mengaktifkan pencarian berbasis suara walaupun dalam keadaan layar Smartphone sedang terkunci. Tapi fungsi tersebut akan berfungsi pada Smartphone ketika kita mengaktifkan terlebih dahulu sistem pendeteksi suaranya. Nah untuk mengaktifkannya pengguna bisa membuka Google Settings – pilih Search and Google Now. Jika sudah lalu pilih Voice – Ok Google detection dan aktifkan dalam keadaan Always On. jika sudah tersetting untuk menggunakannya, pengguna cukup mengatakan Ok Google.

2.Mengatur ulang dan mematikan Smartphone dari jarak jauh

Mengatur ulang maupun mematikan Smartphone dari jarak jauh merupakan salah satu cara yang penting, karena jika kehilangan Smartphone akan sangat berbahaya dengan data yang tersimpan pada Smartphone. Jadi pengguna Smartphone bisa mengantasipasi akan hal ini.

Untk menggunakannya adalah pengguna bisa menggunakan Google yang memiliki fitur Android Device Manager. Dengan hal ini tujuannya untuk mengontrol perangkat Smartphone dari jarak jauh. Bahkan bisa menghapus dan mengatur ulang perangkat ke modus faxtory reset untuk mencegah disalahgunakannya oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3.Kompas atau barometer Smartphone

Memang sudah banyak fitur yang selalu diperbaharui, salah satunya dengan hadirnya sensor  pada Smartphone Android yang  beragam sekali fungsinya. Pengguna hanya cukup memasang aplikasi yang sudah tersedia pada Smartphone.

Untuk para traveller cocok sekali untuk memanfaatkan aplikasi kompas atau barometer. Pasang aplikasi Smart Compass atau Androids Compass Free. untuk barometer bisa menggunakan Barometer Altimeter DashClock agar lebih maksimal.

4.Untuk Memindai Dokumen

Seperti yang kita ketahui, biasanya untuk memindai sebuah dokumen itu menggunakan mesin scanner. Tapi kini pengguna bisa mempermudah untuk memindai dokumen lebih praktis, karena Smartphone ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai mesin pemindai dokumen berbasis mobile. Untuk hasilnya memang tidak sebagus hasil dari mesin scanner aslinya, tapi akan sangat membantu pengguna untuk mempercepat mindaian dokumen. Caranya mudah cukup install aplikasi CamScanner atau Evernote untuk mengubah Smartphone menjadi pemindah. Cukup mudah bukan?

Itulah fungsi fitur Smartphone yang jarang diketahui, jangan sampai tertinggal dengan fungsi – fungsi dari fitur Smartphona yang semakin canggih. Semoga bermanfaat.