Forest, Aplikasi Unik Bagi Pecandu Smartphone – Terkena candu smartphone memang sudah menjadi hal yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar. Dengan adanya smartphone di samping kita itu sama saja dengan membuat kita kurang konsentrasi dalam melakukan segala macam hal. Kita mungkin lebih sering fokus terhadap dunia gadget tanpa memikirkan dunia sekitar yang lebih nyata.
Pembahasan kali ini adalah mengenai aplikasi “Forest” yang bisa kamu unduh di Play Store. Forest merupakan aplikasi yang cocok bagi kamu yang sudah tergila-gila terhadap smartphone. Selain di didik supaya tidak menyentuh smartphone, kamu pun akan dilatih seperti sedang menanam sebuah bibit pohon dalam waktu tertentu. Mulai dari 10 menit hingga 120 menit (2 jam).

Berhasil atau tidak itu tergantung kamu. Jika kamu memang ingin pohon itu tumbuh dengan sempurna, maka jangan gunakan smartphone kamu sebelum pohon tumbuh dengan sempurna. Di saat pohon sedang mengalami masa pertumbuhan (hitungan waktu berjalan mundur), ia akan memberikan kata-kata seperti “Put down your phone!” “Stay focused!” “Leave Me Alone!” dan kata lainnya. Unik bukan?

Saya pun sudah mencoba aplikasi ini dan benar! Sayang banget kalau harus tekan tombol “Give Up!” dan mematikan pohon-pohon yang hampir jadi hanya karena ada notifikasi yang menggangu. Tapi jangan khawatir, bila ada pesan atau telfon yang perlu kamu buka maka bukalah. Ini tidak akan mengganggu kegiatan pertumbuhan si pohon. Fiturnya dinamakan Whitelisted. Kamu bisa memasukkan 3 aplikasi saja ke dalam Whitelisted agar kamu tetap bisa membuka aplikasi tersebut tanpa harus merusak pohon yang sedang tumbuh.

Yuk langsung aja di download di Play Store kamu. Dan aplikasi ini gak butuh banyak ngabisin RAM loooh! Hanya sekitar 8 mb saja kamu sudah bisa memanjakan diri kamu dengan aplikasi ini. Semakin banyak pohon yang kamu tanam menandakan bahwa semakin bisa pula kamu menjauh dari smartphone. Bangunlah banyak pohon dan jadikan lahan kamu sebagai hutan yang lebat.

Semoga membantu! 🙂

Baca juga : Tingkah Laku Masyarakat Jika Sudah Kecanduan Sosial Media