Sering kali kita bahas mengenai perkembangan Smartphone dari waktu ke waktu. Perkembangan Smartphone akan terus berkembang semakin dengan berkembangannya zaman. Banyak inovasi – inovasi dan kreatifitas yang terus dikeluarkan oleh produsen canggih. 

Para produsen terus berinovasi mengeluarkan keluaran baru yang dapat diterima oleh kalangan masyarakat. Karena tidak semua hal dapat diterima oleh masyarakat / konsumen. Sebagai contoh pada iPhone 7 yang menghilangkan Port 3,5 mm headphone jack. Inovasi itu merupakan baru awal dan mungkin lama – lama akan hilang kembali. Karena inovasi Smartphone / Android itu membutuhkan Space tambahan dan sebagaian beranggapan korban inovasi itulah adalah fitur yang sudah lama atau jadul.

Ada beberapa fitur yang lama – lama akan hilang, padahal fitur tersebut sangat berguna digunakan pada Smartphone. Berikut fitur Smartphone yang semakin dilupakan bahkan hilang :

1. IR Blaster pada Smartphone Flagship dihilangkan

Inframerah merupakan salah satu teknologi lama yang banyak digunakan pada ponsel – ponsel dulu. Inframerah ini berfungsi untuk mengirim file dari satu ponsel ke ponsel lain. Inframerah ini hadir sebelum adanya Bluetooth dan Wifi. Inframerah ini sudah hadir kembali dalam bentuk IR Blaster. IR Blaster ini bisa digunakan sebagai remote universal, jadi setiap alat elektronik yang menggunakan remote  IR seperti AC, Set top box dan lainnya pengguna bisa mengkontrol dengan sensor IR Blaster pada Smartphone. Cukup membantu bukan

Tapi sangat disayangkan sekali, Smartphone Flagship canggih tidak menggunakan fitur IR Blaster ini. Banyak sekali Smartphone mulai dari kelas menengah sampai kelas atas yang sudah menghilangkan fitur ini.

2.FM Transmitter

Untuk pengguna ponsel N-Series pastinya sudah mengetahui FM Transmitter. FM Transmitter adalah pemancar gelombar yang kosong atau tidak digunakan oleh stasiun radio jadi bukan radio ya. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa berkomunikasi satu sama lain, hampir sama dengan Walkie Talkie.

Sudah tidak lagi teknologi ini ditemukan, karena banyaknya larangannya untuk menggunakan gelombang radio secara sembarangan oleh pemerintah setempat. Mungkin sebagaian orang menyukai dengan teknologi ini, tapi kini sudah bisa menggunakan teknologi yang ada sesuai dengan peraturan pemerintah.

3.Thermometer

Thermometer adalah sensor untuk dapat menunjukan suhu pada ruangan sekitar kamu. Fitur ini sempat hilang lama, tapi kembali muncul pada Smartphone yang dipadukan dengan aplikasi S-Health. Dan fitur ini kini hilang kembali atau sudah tidak ditemukan kembali pada Smartphone. Karena Smartphone kini sudah mengeluarkan fitur – fitur yang lebih canggih yang dapat mengeluarkan suhu mereka sendiri sehingga sulit untuk mendeteksi suhu di luar Smartphone. Bahkan untuk mengatasinya, banyak aplikasi – aplikasi pengatur suhu yang disediakan google play.

Itulah fitur Smartphone yang dilupakan bahkan hilang, tapi tenang saja dengan perkembangan teknologi khususnya Smartphone kita tidak perlu khawatir. Kita dapat memanfaatkan fitur yang ada selagi dapat bermanfaat untuk kegiatan sehari – hari.  Semoga bermanfaat