Fitur Pencegah Bunuh Diri Pada Instagram – Sosial media dapat membuat seseorang menyakiti dirinya sendiri yang berakhir dengan dengan bunuh diri. Terdengar mengerikan, tetapi apakah benar kejadian seperti benar terjadi.

Instagram kini mempunyai sebuah fitur yang dapat membantu penggunanya yang terindikasi ingin menyakiti dirinya sendiri. Fitur ini juga ditujukan untuk menolong mereka yang mengalami gangguan makan seperti bulimia.

Demi menjalankan programnya itu, Instagram juga telah bekerjasama dengan National Eating Disorder Association dan lebih dari 40 organisasi yang terkait dengan kesehatan mental untuk memastikan bagi para penggunanya agar dapat mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan.

Fitur Pencegah Bunuh Diri Pada Instagram

Fitur pencegah bunuh diri ini adalah sebagai fitur penolong yang dapat aktif dengan dua cara, yaitu :

1. Dilihat dari postingan yang memperlihatkan tanda-tanda akan menyakiti diri sendiri

2. Terdapat pelaporan dari para follower

Dari kategori diatas, maka Instagram nantinya akan mengirimkan penggunanya dengan sebuah pesan. Isi pesan tersebut kurang lebih adalah untuk memberi semangat dan motivasi agar tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan untuk diri nya sendiri.

Contoh pesannya adalah “Seseorang melihat postingan Anda dan berpikir bahwa Anda sedang mengalami masa sulit. Jika Anda memerlukan dukungan, kami akan membantu,” demikian bunyi pesan tersebut.

Selain itu juga pada pesan tersebut ada beberapa pilihan seperti mengirim pesan, menelepon teman, menghubungi pusat bantuan psikologis, atau membaca panduan serta konten yang memotivasi.

Namun untuk fitur pencegah bunuh diri pada Instagram ini masih belum dapat di lihat oleh seluruh pengguna Instagram. Dengan metode yang di jalankannya namun Instagram masih merilis ketersediaan fitur pencegah bunuh diri ini secara bertahap hingga nantinya tersedia untuk para penggunanya.