Pada awalnya Google hanya memberi nama N pada sistem operasi terbarunya ini tapi setelah dilakukan pengambilan suara untuk memberikan nama pada sistem operasi ini akhirnya terpilihlah nama Nougat. Sistem operasi baru ini sudah pasti menjanjikan fitur baru yang lebih keren dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Apa saja fitur-fitur keren pada Android Nougat? 

1. Performa Lebih Kuat

Sistem operasi terbaru dari Android ini memfokuskan peningkatan pengalaman grafis dan runtime. Pada sistem operasi Nougat ini para pengguna akan diberikan API grafis Vulkan 3D yang bisa membenamkan detail grafis yang lebih bagus lagi. Selain itu juga pemrosesan gambar untuk bermain game lebih halus dan tajam.

Tahukah Anda kalau Google sebentar lagi akan merilis Google Daydream? Daydream ini merupakan platform tunggal yang dibuat oleh Google untuk teknologi virtual reality. Dan pada Android Nougat ini sangat mendukung penggunaan Google Daydream.

Selain itu JIT Compiler pada Android Nougat bisa meningkatkan runtime perangkat. Kecepatan ketika menginstall aplikasi sebesar 75% dan bisa mengurangi ukuran kode sebesar 50%.

2. Lebih Personal

Fitur keren selanjutnya yaitu bertambahnya jumlah emoji. Penambahan emoji ini sekitar 72 buah. Selain itu juga Android Nougat bisa mendeteksi dan menampilkan hasil pencarian dalam berbagai jenis bahasa. Total ada 100 bahasa baru dan 25 bahasa lokal yang ada di sistem operasi Nougat ini.

Ada juga fitur bundled notifications yang berfungsi untuk mengumpulkan notifikasi atau pemberitahuan dari banyak aplikasi sehingga nantinya tidak akan ada jajaran notifikasi dari aplikasi yang sama.

3. Lebih Produktif

Sistem operasi Nougat ini meningkatkan produktivitasnya salah satu peningkatan itu bisa dilihat dari fitur multi-window yang bisa menjalankan aplikasi secara bersamaan dengan tampilan yang terbelah. Memang fitur ini bukanlah sesuatu yang baru di jagat smartphone. Sebut saja Samsung yang sudah melakukannya sejak era Galaxy S4 dan beberapa merek ponsel lainnya. Tapi dengan adanya fitur ini di sistem operasi Nougat bisa membuat fitur ini dinikmati oleh semua pengguna Android tanpa melihat jenis smartphonenya.

Selanjutnya adalah fitur direct reply yang memungkinkan para pengguna membalas chat tanpa harus membuka aplikasinya. Contohnya saja seperti whatsapp dan line yang sudah memiliki fitur ini, mungkin dengan kata lain yaitu pop up.

Dan yang terakhir ada fitur quick switch. Fitur ini bisa memudahkan pengguna jika ingin berganti aplikasi dengan cepat. Caranya dengan double tap pada tombol overview (dua bar).

 

Itulah beberapa fitur keren dari Android Nougat, sistem operasi keluaran terbaru dari Android. Semoga bermanfaat 🙂