Kalau ada yang ingin menjual kembali smartphone dan mendapati harganya turun drastis jangan kaget. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai faktor yang mempengaruhi cepat turunnya harga smartphone. Penasaran kan kenapa cepat sekali harganya turun? Berikut ini faktor-faktornya

  1. Layanan Purna Jual
    Apabila layanan purna jual ini tidak baik maka harga jual kembalinya akan turun drastis, hal ini dikarenakan pedagang dan pembeli barang second takut device rusak ataupun sulit di klaim garansinya.
  2. Garansi
    Selain layanan purna jual, garansi resmi atau tidak resmi pun mempengaruhi harga jual kembali smartphone
  3. Merek
    Merek smartphone juga menjadi faktor penentu dalam turunnya harga jual kembali smartphone. Apabila mereknya lebih dikenal maka lebih mudah dijual kembali daripada merek yang tidak dikenal. Ada juga merek yang langsung menurunkan harga jualnya tidak lama setelah peluncuran perdana smartphonenya, ini pun bisa menjadi faktor turunnya harga jual kembali smartphone.
  4. Teknologi dan Spesifikasi
    Adanya smartphone keluaran baru yang lebih canggih menjadi pertimbangan kembali untuk menentukan harga jual smartphone karena biasanya orang menilai barang second adalah barang yang sudah “jadul” dan teknologinya sudah tertinggal dibandingkan dengan smartphone keluaran terbaru.
  5. Tipe
    Kalau tipe smartphone yang ingin dijual kembali adalah tipe yang tidak begitu disukai pasar maka harganya sudah dipastikan akan turun drastis dan juga sebaliknya. Sederhananya dengan melihat harga awal, misalnya harganya besar maka tentunya penurunan harganya juga tidak akan terlalu besar dan bisa dipastikan harga jual kembalinya masih tinggi.

Sekarang ini banyak smartphone keluaran terbaru maka umur smartphone itu biasanya tidak lama. Orang akan cepat menggantinya dengan keluaran terbaru. Sebelum menjual kembali smartphone Anda hendaknya memperhatikan faktor yang bisa membuat harganya turun.

Semoga bermanfaat 🙂