Seperti yang kita ketahui USB banyak digunakan pada Smartphone masa kini.  Biasanya USB digunakan untuk mentransfer data dari Smartphone satu ke Smartphone lainnya bahkan dari Smartphone ke PC sekalipun.

Tapi saat ini sudah banyak port USB type – C digunakan dikalangan masyarakat. Hal ini sudah menjadi port standar untuk gadget. Tidak heran kalau banyak orang yang menggunakan USB ini karena  USB type – C ini memiliki kecepatan untuk mentransfer data yang lebih tinggi dengan 10 GD per – detik atau kisaran 10 kali lebih cepat dari port USB biasanya.  Tidak hanya itu USB type – C ini juga memiliki bentuk yang simetris mudah sekali saat menggunakannya.

Meskipun banyak kegunaannya yang dimiliki USB type – C ini tapi tetap masih belum aman. Kita sebagai pengguna harus tetap memastikan USB yang digunakan tetap aman. Untuk memastikan kalau USB itu aman kita harus tau terlebih dahulu bahayanya USB type – C.

Berikut fakta mengenai bahayanya USB type – C :

1.USB type – C ini memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi

USB type – C ini memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi, tapi sayangnya banyak orang yang tidak menyadari dan tidak memahami USB ini berbahaya. Meskipun USB type – C ini dapat mengirim data lebih banyak bahkan cepat tapi kualitas kabel yang dimiliki USB type – C ini tidak sesuai dengan standar. Jadi dapat dengan mudahnya merusak perangkat. USB type – C ini memiliki tingkat bahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan USB type lama.

2.Kabel USB type – C palsu

Pengguna kadang tidak memperhatikan mana USB yang asli dan USB yang palsu. Karena penggunaan USB yang palsu dapat membahayakan penggunanya. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah USB type – C dari bawaannya saja agar lebih aman.

3.Fast Charging

Fast charging yang terdapat di USB type – C ini juga bisa melakukan pengisian ulang baterai dengan cepat (fast charging). Tapi kabel yang digunakan memiliki standar kualitas buatan produsen aksesoris pihak ketiga tidak bisa digunakan. Hal ini bisa menimbulkan masalah bagi penggunanya.

Maka berhati – hatilah saat membeli kabel USB, karena tidak semua kabel yang memiliki banyak fungsi bagus dan baik bagi penggunnya. Itulah fakta mengenai bahayanya USB type – C. semoga bermanfaat.