Sekarang ini tanpa kita sadari, ternyata banyak sekali aplikasi yang dapat mencuri data-data pribadi kita dari memori smartphone. Masih banyak aplikasi-aplikasi yang jahat tersebut, yang masih terdaftar secara resmi dan bisa di install di Play Store. Hal ini pasti semakin membuat para pengguna aplikasi android semakin kesulitan dalam menjaga keamanan data-data pribadinya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan supaya smartphone kita bisa lebih aman. Untuk itu, kali ini saya akan coba membahas tentang Empat cara mencegah pencurian data di aplikasi android.

Berikut Empat Cara Mencegah Pencurian Data di Aplikasi Android :

1. Update Antivirus

Biasanya pencurian data pribadi itu dilakukan oleh malware yang telah ter-install secara diam-diam ketika kalian sedang meng-install aplikasi lain. Untuk mendeteksinya tentu saja tidak bisa kalian lakukan secara manual. Oleh karena itu, kalian butuh program antivirus untuk melakukan pengecekan berkala. Kalian bisa atur antivirusnya agar melakukan pengecekan otomatis secara menyeluruh ketika kalian selesai meng-install suatu aplikasi. Untuk itu, kalian harus memastikan antivirusnya selalu update, karena malware pencuri datanya juga akan selalu update.

2. Perhatikan Permission

Cara lain yang bisa teman-teman gunakan yaitu perhatikan Permission. Jika kalian ingin meng-install sebuah aplikasi, pasti kalian akan dimintai Permission (ijin) mengenai hal-hal apa saja yang nantinya boleh diakses oleh aplikasi tersebut. Untuk itu kalian harus pastikan apa yang akan diakses oleh aplikasinya memang relevan.

3. Jangan Menyimpan Data-Data Sensitif

Salah satu cara untuk mengamankan data kalian yaitu jangan menyimpan data-data sensitif. Yang dimaksud data-data sensitive disini adalah yang sangat gawat kalau misalkan dicuri. Contoh data-data sensitif yaitu seperti nomor kartu kredit, nomor kartu PIN ATM, foto-foto pribadi dan semua data-data yang memang bersifat pribadi.

4. Jangan Menggunakan WIFI Umum Untuk Keperluan Transaksi

Cara terakhir untuk mencegah pencurian data yaitu dengan menghindari WiFi gratisan, terutama jika ingin melakukan transaksi. Koneksi WiFi gratisan biasanya tidak memiliki tingkatan keamanan sebaik WiFi paketan di rumah.

Nah itulah Empat Cara Mencegah Pencurian Data di Aplikasi Android. Cukup mudah bukan caranya? Sebetulnya yang terpenting yaitu kalian harus selalu waspada. Selamat mencoba dan semoga bemanfaat.