Pada artikel kali ini saya akan membahas dampak positif dari melakukan root atau rooting pada android Anda. Banyak orang yang merasa sangat perlu untuk me-root smartphone androidnya. Apa saja sih yang membuat orang perlu me-root smartphone androidnya? Pasti ada dampak positifnya sehingga ada orang yang merasa perlu untuk melakukan hal ini dan ada orang yang merasa ragu untuk melakukannya. 

 

Data-data penting pada sistem android tidak bisa diakses oleh pengguna dengan tujuan mengurangi resiko crash akibat terhapusnya data penting tersebut. Itulah fitur keamanan dalam sistem operasi Android, cukup baik bukan? Tapi, kalau Anda mau mengakses data-data tersebut untuk memodifikasi sistem supaya berjalan lebih optimal, maka Anda memerlukan akses root. Kalau Anda me-root smartphone android Anda, maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Berikut ini dampak positif dari melakukan root pada Android Anda

  1. Menghapus aplikasi bawaan atau bloatware
    Pastinya semua smartphone android memilikii aplikasi bawaan atau bloatware yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan mungkin saja jarang dipakai. Aplikasi bawaan ini bisa saja dinonaktifkan ataupun dihapus. Namun, ada juga aplikasi bawaan yang tidak bisa dinonaktifkan ataupun dihapus. Jika menemukan aplikasi yang seperti ini maka diperlukan akses root untuk menghapusnya.
  2. Kinerja smartphone Anda lebih ringan
    Smartphone Anda pasti ada yang kinerjanya lambat. Untuk membuat kinerja smartphone Anda lebih ringan diperlukan penambahan RAM salah satunya dengan cara root. Setelah Anda melakukan root maka kinerja smartphone Anda akan lebih ringan dan tidak akan lambat.
  3. Bisa membuat tampilan smartphone Anda lebih menarik
    Kalau Anda ingin membuat tampilan smartphone Anda lebih menarik, Anda bisa melakukan custom ROM. Bagaimana caranya? Dengan melakukan root pada smartphone android Anda. Dengan custom ROM maka tampilah smartphone Anda akan lebih menarik dan juga banyak fitur yang tidak ada di android biasa.
  4. Membuat baterai smartphone Anda lebih tahan lama
    Setelah melakukan root, Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat kinerja baterai smartphone Anda lebih tahan lama. Salah satunya dengan melakukan kalibrasi baterai smartphone Anda menggunakan aplikasi Battery Calibration. Kinerjanya dengan menghapus file “batterystats.bin” yang ada dalam sistem.
  5. Memori internal menjadi lebih banyak ruang yang kosong
    Dengan melakukan root, Anda bisa menyingkirkan berbagai aplikasi bawaan yang membuat memori internal smartphone Anda terlalu penuh dan juga dapat memindahkan data-data aplikasi ke kartu memori dengan aplikasi Link2SD. Dengan melakukan root maka memori internal smartphone Anda akan lebih banyak memiliki ruang yang kosong.

Itulah dampak positif jika Anda melakukan root pada smartphone android Anda.

Semoga bermanfaat 🙂