Sekarang ini smartphone sudah dianggap sebagai salah satu kebutuhan penting bagi sebagian orang. Segala sesuatu pasti memiliki sisi positif dan juga sisi negatif termasuk juga untuk smartphone. Berikut adalah Dampak Negatif dari penggunaan smartphone. 

1. Ketergantungan Terhadap Smartphone
Hal yang paling banyak terjadi sekarang ini adalah ketergantungan terhadap semartphone yang menimbulkan efek “kecanduan”. Contohnya saja saat kita bangun tidur apa yang dicari pertama kali ? Yak tentu saja mencari smartphone Anda, dengan adanya efek “kecanduan” ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya didepan layar smartphone dibandingkan dengan bertemu dengan orang-orang yang ada disekitar. Jadi hal ini dapat mengakibatkan interaksi sosial berkurang karena ketidakperdulian orang-orang. Tidak seperti dulu disaat semua berinteraksi bersama, bermain bersama dan tertawa bersama tanpa ada kata “update status”, “upload foto” dan semacamnya

2. Merugikan Diri Sendiri & Orang Lain
Saat Anda menggunakan smartphone ketika berkendara bukankah hal itu dapat merugikan diri sendiri dan tentu saja orang lain bukan ? Sudah banyak terjadi kecelakaan akibat tindakan yang merugikan orang lain ini sampai ada korban yang jatuh. Jadi sebaiknya jika Anda menyayangi diri Anda sendiri hindari hal ini karena keluarga Anda sedang menunggu di rumah.

3. Bersyukur Dengan Apa Yang Kita Punya
Sekarang ini sudah banyak smartphone yang diproduksi dan juga memiliki kemampuan yang lebih dari yang kita pikirkan, seiring dengan semakin banyaknya smartphone yang diproduksi maka otomatis hal itu memang dibutuhkan orang-orang yang ingin membelinya. Sebaiknya bila kita sudah memiliki smartphone tidak perlu mengganti dengan smartphone yang baru jika hanya karena gengsi, bersyukur adalah salah satu hal yang menakjubkan bila kita ikhlas menjalankannya. Masih banyak orang diluar sana yang hanya memikirkan makan apa hari ini bukan makan dengan apa hari ini.