Sekarang ini banyak sekali, bahkan sampai jutaan aplikasi dan game Android yang bisa kalian unduh di aplikasi Google Play Store masing-masing. Tetapi kalian sebagai pengguna Android tentunya harus pintar ketika akan unduh sebuah aplikasi. Jika kalian tidak cermat dalam unduh aplikasi, besar kemungkinan aplikasi tersebut memiliki virus yang bisa berbahaya bagi ponsel kalian. Untuk itu kalian harus mengetahui ciri-ciri aplikasi android yang berbahaya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai ciri-ciri aplikasi android yang berbahaya. Berikut adalah ciri-ciri dari aplikasi android yang berbahaya :

1. Aplikasi Tidak Ada di Play Store

Ciri pertama dari aplikasi yang berbahaya adalah aplikasi tersebut ada di situs-situs berbagi aplikasi atau blog, dengan kata lain aplikasi tersebut tidak ada di Google Play Store. Meng-install aplikasi yang berformat .apk memang terkadang berisiko mengandung virus. Untuk itu kalian harus cermat dalam meng-install sebuah aplikasi, terutama aplikasi yang gratis.

2. Pengembang Aplikasi yang Tidak Jelas

Yang harus kalian perhatikan ketika akan meng-install sebuah aplikasi adalah memperhatikan dulu dari mana sumber aplikasi tersebut. Contohnya seperti, siapa pengembang aplikasinya (developer). Kalau misalkan tidak jelas atau tidak diketahui dari mana sumbernya, maka tidak menutup kemungkinan aplikasi tersebut kurang meyakinkan.

3. Perhatikan Jumlah Unduhan dan Komentar

Ciri berikutnya yaitu kalian sebaiknya memperhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan oleh pengguna. Ketika kalian mengunduh aplikasi di Google Play Store, biasanya selalu ada jumlah unduhan dan komentar dibawahnya.

Aplikasi yang berkualitas biasanya digunakan oleh sekurang-kurangnnya 1 juta pengguna, dan tentunya telah mendapatkan rating empat keatas. Hal ini bisa kalian jadikan tolak ukut seberapa berkualitas aplikasi yang akan kalian unduh tersebut.

4. Reputasi

Sebuah aplikasi yang berbahaya akan memiliki reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store maupun di komunitas android lainnya. Kalau misalkan jumlah pengundung dan rating dari aplikasi tersebut rendah, maka besar kemungkinan aplikasi tersebut berbahaya.

5. Deskripsi Tidak Jelas

Aplikasi yang berbahaya bisa juga dilihat dari deskripsi yang tidak jelas yang di-post ke Google Play Store. Kalau misalkan seperti itu, kalian harus curiga bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat kalian.

Nah, itulah Ciri-Ciri Aplikasi Android yang Berbahaya. Semoga Bermanfaat 🙂