Tidak asing lagi jika mendengan sebutan Smartphone di kalangan masyarakat kini. Sudah menjadi salah satu hal yang sering digunakan untuk aktifitas sehari – hari. Seperti yang kita ketahui Smartphone banyak sekali manfaatnya untuk kita jika kita bisa menggunakannya dengan benar.

Tapi tanpa kita sadari pada saat menggunakan Smartphone kita lupa akan kuliatas dari baterai Smartphone itu sendiri. Sering kali menggunakan Smartphone diluar batas, dengan menjalankan banyak sekali aplikasi pada Smartphone, baterai Smartphone cepat sekali habis. Tidak hanya itu banyak sekali faktor – faktor penyebab baterai cepat sekali habis.

Oleh karena itu kita harus bisa menghemat daya baterai Smartphone dengan benar. Biasanya para pengguna Smartphone android berpikiran membersihkan recent apps adalah salah satu cara yang dapat membantu menghemat baterai Smartphone. Itu merupakan cara yang salah untuk menghemat daya baterai Smartphone. Karena recent apps adalah daftar aplikasi yang sedang berjalan. Untuk mengakses dengan tombol menu di Smartphone. Sebab itulah para pengguna Smartphone beranggapan semua aplikasi yang masuk ke daftar recent apps terus bekerja sehingga menguras daya baterai.

Ternyata aplikasi recent apps ini dalam kondisi berhenti dan tersimpan pada memori atau cache Smartphone yang berfungsi agar aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya bisa dimuat lebih cepat saat dibuka kembali oleh pengguna. Tidak hanya itu jika kita menghapus recent apps di Smartphone itu yang akan membuat baterai Smartphone bekerja lebih keras sehingga menyebabkan daya baterai cepat habis. Karena apa? Karena semua sistem yang membuka kembali aplikasi dari awal itu membutuhkan lebih banyak tenaga lagi dibanding menyalakan ulang atau mengakses memori yang sudah tersimpan.

Ada caranya untuk menghemat daya baterai yang benar:

1.Mengurangi pemberitahuan atau notifikasi

Cara ini dapat menghemat daya baterai dengan tepat, karena dengan banyaknya notifikasi akan mengurangi sistem bekerjanya Smartphone. Untuk mengurangi pemberitahuan atau notifikasi pada Smartphone adalah dengan cara menon-aktifkan aplikasi – aplikasi yang memang sering sekali memberikan notifikasi. Contohnya notifikasi media sosial, jika ingin tetap mengaktifkannya bisa mengaturnya untuk notifikasi yang diinfokan berjangka. Jadi tidak setiap waktu ada notifikasi yang muncul.

2.Membatasi pemakaian data

Sebelumnya kita lihat terlebih dahulu aplikasi mana saja yang banyak memakai data dengan buka panel yang berisikan tabel konsumsi data. Dengan cara itu kita bisa melihat semua aplikasi yang sekiranya memakan banyak data. Pilihlah aplikasi – aplikasi tersebut untuk dibatasi atau dihapus izin pada pemakian data. Jadi hal tersebut akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi internet secara otomatis sehingga daya baterai pun tidak cepat habis/akan lebih hemat.

Maka dari itu jangan sampai salah untuk menghemat baterai Smartphone ya. Semoga dengan cara ini dapat bermanfaat.