Pada zaman seperti sekarang ini, kejahatan memang semakin banyak terjadi. Dimana ada kesempatan, pasti akan selalu dimanfaatkan oleh sang penjahat. Para penjahat ini mempunyai seribu cara untuk menipu para korbannya, salah satunya dengan cara menipu melalui aplikasi pesan instan. Biasanya mereka pertama-tama membuat korban untuk mengklik link palsu, ini tujuannya untuk mendapatkan informasi mengenai korban. Untuk itu kalian yang menggunakan aplikasi pesan singkat seperti Blackberry Messenger (BBM) sebaiknya harus berhati-hati.

Semakin maraknya orang yang tertipu melalui aplikasi pesan singkat ini, maka kita sebagai pengguna aplikasi pesan singkat harus lebih waspada. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara untuk terhindar dari penipuan aplikasi pesan instan.

Supaya kalian tidak menjadi salah satu korbannya, maka kalian harus mengetahui skenario penipunya. Salah satu caranya yaitu, penipu akan berpura-pura sebagai salah satu kontak kalian, biasanya mereka akan meminta kalian untuk mengirimkan uang. Selain itu juga, kalian bisa menerima pesan agar menonton sebuah video gratis dengan konten yang tidak pantas.

Kalian harus waspada ketika menerima pesan dari orang yang tidak dikenal, maka jangan sembarangan mengklik link terutama jika ada salah penulisan URL. Biasanya kebanyakan isi pesan penipuan itu, seperti kalian memenangkan hadiah atas undian yang tidak pernah kalian ikuti. Untuk itu, jika kalian mendapatkan pesan seperti ini jangan gampang mempercayainya karena biasanya ini adalah penipuan.

Cara Untuk Terhindar Dari Penipuan Aplikasi Pesan Instan

1. Membuat Pertanyaan Password Recovery

Cara untuk membuat pertanyaan password recovery ini sangat mudah sekali. Pertama-tama kalian akses Settings, lalu log in BBID dan atur pertanyaan passwords recovery.

2. Konfirmasi Email

Kalau misalkan ada keterangan “Confirm my email” di Account Information, maka kalian klik informasi tersebut. Selanjutnya melakukan konfirmasi menggunakan link yang dikirim ke email kalian.

3. Daftarkan Nomor Ponsel

Untuk pengguna baru, fitur ini akan memungkinkan bagi pengguna iOS dan Android dalam membuat akun BBM dengan menggunakan nomor ponsel. Hal ini akan menyerhanakan proses pendaftaran.

Nah, itulah Cara Untuk Terhindar Dari Penipuan Aplikasi Pesan Instan. Untuk para pengguna aplikasi pesan singkat seperti BBM ini, diharapkan lebih berhati-hati ketika kalian menerima pesan yang ujung-ujungnya meminta kalian mengirim uang. Waspadalah karena kejahatan bisa saja terjadi melalui aplikasi pesan singkat.