Ketika kalian menelusuri web pada perangkat Android dan iOS kalian dan ketika kalian menemukan halaman yang ingin kalian simpan dan bukan hanya penunjuk, tapi tetap dan baik secara lokal pada smartphone kalian atau drive favorite kalian. Bukan menjadi masalah, karena pada kenyataannya ada beberapa cara yang berbeda untuk menyimpan halaman web dalam bentuk PDF, dan kemudian dapat menyimpan ke penyimpanan on-board perangkat kalian atau sync ke layanan cloud seperti Dropbox atau pun google drive. Kalian juga dapat menyimpan artikel yang panjang untuk sebuah aplikasi pembaca offline atau mengirim seluruh teks dari halaman yang terdapat dalam pesan email kalian. Yuk kita cari tahu bagaimana caranya untuk dapat menyimpan halaman web untuk andrioid dan iOS.

Kalian dapat membuat versi PDF dari halaman Web manapun pada perangkat Android kalian dengan metode berikut ini.

yang pertama, buka halaman yang ingin kalian simpan di Chrome, kemudian klik tombol tiga titik atau menu di sudut kanan atas layar smartphone kalian, lalu klik cetak. Setelah android selesai membuat preview dari halaman yang ingin kalian simpan, kemudian tekan simpan ke menu tarik turun di bagian atas halaman. Pilih simpan untuk google drive untuk mengunggah PDF halaman untuk akun Drive (pastikan kalian memilih yang tepat jika kalian masuk ke beberapa akun google), atau klik simpan sebagai PDF untuk menyimpan file ke penyimpanan lokal handset kalian. Selanjutnya buka google drive untuk melihat halaman yang disimpan (lihat di bagian terbaru jika kalian tidak yakin mana direktori dirive kalian menyimpan file) masuk ke pengaturan – storage – download untuk mencari file di penyimpanan lokal handset kalian.

Untuk catatan, kalian bisa mencoba mengklik share – google drive untuk menyimpan halaman web dari chrome ke akun Drive, tetapi semua yang kalianlakukan adalah menyimpan file teks kecil dengan URL halaman.

Menambahkan halaman web ke Daftar Bacaan Anda (iOS saja)
Bookmark halaman web di Safari untuk iPhone atau iPad tidak sedikit berbeda dari menyimpan URL halaman pada bookmark  dan tersimpan pada folder. Keindahan fitur Reading Daftar iOS adalah karena dapat mengambil snapshot fungsional halaman Web manapun, dan simpan ke penyimpanan lokal handset kalian untuk membaca offline, dan sinkronisasi dengan semua perangkat lain iCloud-terhubung. Untuk menyimpan halaman web ke Daftar Bacaan kalian, hanya dengan membuka halaman di Safari, tekan tombol Action (tombol persegi dengan panah) di bagian bawah layar, lalu ketuk Tambah ke Daftar Bacaan. Dan untuk membuka Daftar Bacaan Anda, tekan tombol Bookmarks (tombol yang terlihat seperti sebuah buku yang terbuka), kemudian tekan tab Reading List (itu ikon yang terlihat seperti sepasang kacamata baca).

Untuk catatan, menambahkan halaman web untuk Daftar Bacaan kalian tidak akan dapat tersimpan untuk selamanya. Karena dalam yang sudah ada, biasanya ketika Reading Daftar akan berusaha merebut versi terbaru dari halaman dan jika perangkat kalian sedang online, maka halaman bisa menghilang dari web, kalian akan menemukan “halaman tidak ditemukan” dan terjadi kesalahan (atau sesuatu sepanjang garis). Jika kalian kembali offline, Reading Daftar biasanya kembali ke versi lama, “cache” versi.

Demikian artikel saya kali ini tentang “Cara Untuk Menyimpan Halaman Web Pada Android dan iOS” dan terima kasih sudah membaca semoga bisa bermanfaat buat kalian dan sampai bertemu di artikel yang berikutnya.