Pada zaman digital seperti sekarang ini, memang tidak bisa dipungkiri kalau aplikasi-aplikasi yang ada bisa mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh orang adalah aplikasi seperti Google Maps. Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Google Maps ini, tentunya harus didukung dengan sinyal GPS yang kuat. Apakah kalian sudah mengetahui cara untuk memperkuat sinyal GPS pada ponsel Android?

Berikut Cara Untuk Memperkuat Sinyal GPS Pada Ponsel Android :

1. GPS Berada di Modus “High Accuracy”

Untuk bisa mendapatkan sinyal GPS terbaik, kalian harus menyiapkan sedikit kapasitas baterai lebih dari biasanya. Cara untuk mengaktifkan modus “High Accuracy” adalah cukup masuk ke menu setting dan kemudian kalian pilih location. Setelah itu kalian pilih mode “High Accuracy” yang ada di bagian bawah pilihan location.

2. Memastikan Sinyal GPS Selalu Aktif

Salah satu kendala yang banyak dialami adalah ketika kalian berganti aplikasi, sinyal GPS seringkali dimatikan. Biasanya tujuan mematikan sinyal GPS ini untuk menghemat baterai. Untuk mendapatkan sinyal GPS yang kuat, maka kalian harus memastikan sinyal GPS ada dalam keadaan aktif. Untuk memastikan sinyal GPS selalu aktif, kalian bisa juga memasang aplikasi GPS. Namun memang itu akan membuat boros pada baterai smartphone kalian.

3. Cari Tahu Apabila Ada Masalah di Hardware atau Software GPS

Cara yang paling ampuh untuk mengetahui jika ada masalah degan GPS adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasinya bisa kalian install dengan gratis di Google Play Store. Tampilan masing-masing dari aplikasi ini akan berbeda-beda, untuk itu pastikan melihat tampilan informasi aplikasi yang akan digunakan.

4. Refresh Data GPS

Terkadang perangkat akan terjebak dengan satelit tertentu meskipun berada jauh dari jangkauan. Hal ini tentu akan membuat GPS kalian tak mampu menangkap lokasi terbaru dengan tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kalian bisa coba pasang aplikasi untuk pengaturan sinyal seperti GPS Status dan Toolbox.

5. Gunakan Penerima GPS Eksternal

Jika beberapa cara diatas tidak bisa menyelesaikan masalah pada sinyal GPS, maka kalian bisa menggunakan uang lebih untuk membeli perangkat GPS eksternal. Biasanya perangkat ini bisa terhubung dengan Bluetooth dan tentunya bisa diisi ulang dengan charger yang sama dari smartphone kalian.

Nah, itulah Cara Untuk Memperkuat Sinyal GPS Pada Ponsel Android. Untuk kalian yang sering bepergian ke tempat-tempat baru dan membutuhkan bantuan Google Maps, silahkan mencoba cara-cara diatas untuk memperkuat sinyal GPS.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂