Ketika kalian sedang menggunakan smartphone, tiba-tiba kalian mengalami kehilangan sinyal. Hal ini pasti membuat kalian terganggu bukan? Ketika mengalami gangguan sinyal, maka secara otomatis semua lalu lintas data yang terhubung akan terhambat. Untuk itu kalian harus mengetahui cara untuk memperkuat sinyal 4G di Android.

Untuk memperkuat sinyal 4G di Android itu tidak harus selalu memakai bantuan aplikasi tertentu, tapi juga ada cara lain yang bisa kalian gunakan. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas tentang cara untuk memperkuat sinyal 4G di Android.

Berikut Cara Untuk Memperkuat Sinyal 4G di Android :

1. Memeriksa Kekuatan Sinyal

Jika tiba-tiba koneksi terputus ketika kalian sedang menggunakan internet, maka kalian harus cek sinyal operatornya. Cara untuk memeriksa kekuatan sinyal di Android yaitu, kalian masuk ke menu “Settings >> Pilih About Phone >> Status”. Kemudian kekuatan sinyal akan ditunjukan dalam satuan decibel miliwatss.

2. Kunci di satu Jaringan

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat sinyal yaitu dengan melakukan penguncian jaringan menjadi 4G Onlu atau LTE Only. Selain itu juga dengan mengunci di jaringan tertentu, itu akan membuat baterai ponsel menjadi lebih irit dari biasanya karena ponsel tidak akan mencari jaringan yang berbeda terus-menerus.

3. Memancing Jaringan Dengan Mengaktifkan Air Plane Mode

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat sinyal 4G yaitu dengan mengaktifkan Air Plane Mode. Dengan melakukan cara ini, itu akan me-refresh koneksi ke jaringan operator yang akan digunakan. Banyak sekali fungsi dari Air Plane Mode ini, diantaranya yaitu untuk menghemat baterai, mempercepat isi ulang baterai, menghindari gangguan dan memperkuat sinyal.

4. Usahakan Baterai Selalu Full

Arti full disini bukan berarti baterai handphone kalian harus selalu terisi 100%, full disini adalah untuk menjaga supaya handphone kita tidak otomatis mengaktifkan mode hemat daya.

5. Jangan di Gedung atau Indoor

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat sinyal 4G yaitu sebaiknya ketika kalian sedang menggunakan internet dengan jaringan 4G tidak dilakukan didalam ruangan. Karena jika digunakan didalam ruangan itu bisa saja jaringan yang didapat tidak akan maksimal. Jadi sebaiknya gunakan diluar ruangan agar mendapatkan sinyal yang lebih maksimal dan stabil.

Nah, itulah Cara Untuk Memperkuat Sinyal 4G di Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂