Memiliki koneksi internet yang cepat pada perangkat android, memang pasti menjadi keinginan dari setiap orang. Tapi terkadang koneksi internet masih saja selalu lelet, padahal sinyal jaringan yang ada diponsel penuh. Padahal untuk mengakses internet cepat tak selalu harus bergantung pada jaringan yang stabil atau kuota internet yang cukup. Kadang ada beberapa hal yang tidak kita perhatikan. Untuk itu, kalian harus mengetahui cara untuk mempercepat koneksi internet di android.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas tentang cara untuk mempercepat koneksi internet di android. Untuk kalian yang ingin mempercepat koneksi internet di androidnya silahkan coba disimak.

Berikut Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android :

1. Jaringan “3G Only” atau “4G Only”

Pada umumnya perangkat android memiliki pilihan pada pengaturan jaringan, yaitu 3G Only, 4G Only, atau WCDMA. Kalian tidak boleh memilih pilihan jaringan WCDMA, karena ini akan masuk ke jaringan 2G atau EDGE. Untuk itu kalian cukup memilih “3G Only” atau “4G Only”. Setelah itu kalian pilih pencarian jaringan operator secara otomatis bukan manual. Dengan demikian ini akan membuat jaringan seluler kalian lebih stabil.

2. Menutup Aplikasi Yang Tidak Perlu

Ketika kalian sedang asyik menggunakan smartphone, tanpa kalian sadari sering kali membiarkan banyak aplikasi terbuka dan berjalan. Padahal ini bisa memperlambat performa ponsel kalian. Terutama jika kalian sedang mengunduh atau browsing di internet, lebih baik kalian menutup aplikasi yang sedang berjalan atau yang tidak perlu. Hal ini dikarenakan jika semakin banyak aplikasi terbuka, maka RAM akan menjadi semakin penuh.

3. Mematikan Fitur Tethering

Tentu kita pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur tethering atau semacam hotspot pada ponsel. Jadi kalian bisa membagikan koneksi internet kepada teman-teman kalian. Namun, karena jaringan internet kalian terbagi-bagi, tentu saja hal ini akan membuat koneksi internet kalian menjadi lambat. Oleh karena itu sebaiknya kalian mematikan fitur tethering.

4. Menghapus Cache

Untuk mempercepat koneksi internet di smartphone kalian, sesekali kalian harus menghapus cache pada memori penyimpanan maupun “History” kalian. Adakah diantara kalian yang jarang bahkan tidak pernah menghapus cache? Padahal ini adalah salah satu hal yang penting  supaya performa smartphone kalian berjalan dengan baik.

Nah, itulah Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android. Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat 🙂