Sangat bahaya sekali kalau misalkan laptop sering kali mengalami overheat, karena bisa menyebabkan performa laptop menurun dan yang paling parah yaitu laptop tidak dapat dinyalakan kembali. Ketika dalam cuaca panas, biasanya laptop yang kita gunakan juga menjadi panas juga. Hal ini karena ketika laptop terkena sinar matahari, kemudian menembus lapisan casing dan membuat baterai menjadi panas. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui cara supaya laptop tidak mudah panas.

Untuk kalian yang mempunyai laptop sebaiknya harus merawat laptop tersebut supaya tidak cepat rusak. Salah satu penyebab laptop kita cepat rusak yaitu karena seringnya laptop tersebut mengalami overheat. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara supaya laptop tidak mudah panas.

Berikut Cara Supaya Laptop Tidak Mudah Panas :

1. Menghindari Tempat Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Sebaiknya kalian ketika menggunakan laptop, usahakan jangan ditempat yang langsung terkena sinar matahari. Jika memang mengharuskan kalian menggunakan laptop bukan ruangan, maka sebaiknya kalian gunakan pelindung supaya laptopnya terhindar dari sinar matahari secara langsung.

2. Memastikan Sirkulasi Udara Baik

Ketika kalian menggunakan laptop, sebaiknya laptop tersebut ditempatkan ditempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Jadi jangan meletakan laptop ditempat yang mempunyai sirkulasi udara yang buruk atau pengap, contohnya diatas kasur dan bantal. Hal ini dikarenakan laptop menempatkan lubang untuk sirkulasi udaranya dibagian sisi samping atau sisi bawah dari laptop itu sendiri.

3. Gunakan Cooling Pad

Salah satu cara untuk mengurangi overheat pada laptop yaitu dengan menggunakan Cooling Pad. Alat yang satu ini bisa mengalirkan udara segar lewat bagian bawah laptop, sehingga sirkulasi udaranya menjadi lancar. Akan tetapi cooling pad ini bisa membawa dampak negatif, ketika kalian salah menggunakannya. Contohnya ketika kalian menggunakan cooling pad ini dalam keadaan kotor, maka cooling pad ini akan membawa debu-debu masuk kedalam laptop.

4. Netralkan Suhu

Ketika kalian beralih dari udara yang panas ke ruangan yang memiliki udara yang dingin, maka sebaiknya jangan langsung menyalakan laptop. Kalian harus diamkan sebentar laptopnya baru bisa menyalakannya kembali. Hal ini bertujuan untuk menetralisasi suhu panasnya.

Nah, itulah Cara Supaya Laptop Tidak Mudah Panas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂