Kata Screenshot itu sendiri mungkin sudah tidak asing lagi. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengambil screenshot diperangkat yang mereka punya. Memang dibeberapa perangkat tidak menyediakan menu screenshot secara langsung. Apakah kalian sudah mengetahui cara screenshot di berbagai perangkat?

Kali ini saya akan mencoba membahas tentang cara screenshot diperangkat yang berbasis Windows, macOs, dan Android. Berikut Cara Screenshot di Berbagai Perangkat :

1. Windows

Pada perangkat yang berbasis Windows ini banyak cara yang bisa digunakan untuk screenshot dengan mudah. Caranya kalian cukup dengan menekan tombol PrtScn di keyboard, kemudian kalian dapat menyalin tampilan gambar dilayar dan menyimpannya di clipboard. Selanjutnya kalian bisa membuka aplikasi Paint atau Photoshop untuk mengedit gambarnya. Setelah membuka aplikasi Paint atau Photoshop, kalian dapat menempelkan gambarnya dengan cara menekan Ctrl+V.

Selain itu juga, kalian bisa menggunakan tombol Windows+PrtScn untuk screenshot dan menyimpannya ke folder screenshot yang bisa ditemukan di folder Picture. Sementara Alt+PrtScn itu bisa digunakan untuk tampilan layar sedang aktif saja dan menyalinnya ke clipboard.

2. Apple

Tombol PrtScn itu tidak ada di keyboard Mac, jadi bagi kalian yang ingin mengambil tampilan layar dapat menekan tombol Ctrl+Shift+Cmd+3 untuk menyalinnya di clipboard, atau Shift+Cmd+3 jika ingin menyimpannya dalam format PNG ke Desktop. Namun, jika kalian ingin mengambil sebagian tampilan layar itu bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Cmd+4. Kalian bisa drag untuk mengambil area dilayar atau menekan spacebar untuk mengambil tampilan layar tertentu.

3. Android

Pada kebanyakan perngkat Android kalian bisa mengambil screenshot dengan cara menekan tombol Volume Down+Power secara bersamaan. Jika cara ini berhasil akan muncul notifikasinya. Namun, dibeberapa perangkat Android ada yang berbeda caranya dengan menggunakan kombinasi berbeda untuk mengambil tampilan layar. Ada juga jalan pintas di toggle switch dibagian atas layar, caranya tarik toggle switch, kemudian pilih screenshot.

Nah, itulah Cara Screenshot di Berbagai Perangkat. Cukup mudah buka caranya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kita semua 🙂