Bagi para pecinta selfie menggunakan DSLR pasti  menginginkan foto yang ada di DSLR dipindahkan ke Smartphone atau Android bukan, karena ingin menguploadnya. Namun sulit untuk memindahkan foto tersebut.

Dulu jika ingin memindahkan foto dari DSLR ke Smartphone harus pindah dulu ke komputer setelah itu baru bisa dipindahkan ke memori Smartphone dengan menggunakan Cardreader.

Nah sekarang tidak perlu khawatir lagi jika ingin memindahkan foto dari DSLR ke Smartphone Anda. Ada cara mudahnya untuk mentransfer foto dari DSLR ke Smartphone anda:

  1. Pertama anda bisa mengguna Nirkabel atau sering disebut Wireless, sebagian Smartphone sudah dilengkapi fitur seperti nirkabel ini. kelebihannya untuk fitur ini menggunakaan koneksi Wifi. Setelah terhubung dengan Wifi atau hotspot aplikasi pendamping atau nirkabel dari kamera DSLR akan muncul di Smartphone. Aplikasi ini nanti akan menampilkan foto yang ada di  kamera DSLR yang dapat kita unduh dan bisa kita Save di Smartphone atau Android.
  2. Anda juga bisa menggunakan SD Card Nirkabel di kamera Anda. Karena dengan menggunakan SD Card Nirkabel ini dapat tersambung dengan adanya koneksi jaringan, jadi bisa langsung memindahkan foto – foto atau video ke Smartphone.
  3. Transfer foto dari DSLR ke Android dan iOS bia juga loh. Biasanya banyak orang yang bingung jika cara mentransfer dari DSLR ke Android dan iOS itu tidak mendukung kamera DSLR. Caranya dibantu dengan kabel adapter, tidak perlu khawatir mengenai koneksi karena teknologi kabel ini lebih cepat juga.
  • Jika menggunakan Android, Anda butuh adapter USB On the go (OTG) dan SD Card, selain itu juga butuh USB Connector untuk kamera Anda. Colok kabel OTG itu ke perangkat Android lalu sambungkan USB Connector kamera ke adapter OTG Android.

Akan muncul notifikasi “Touch”, jika layar jendela muncul Anda cukup pilih PTP – Explore. Nah dengan menggunakan ini jadi anda dapat leluasa melihat semua gambar yang sudah di transfer dan sudah tersimpan di SD Card DSLR.

  • Menggunakan iPhone ataupun iPad bisa menggunakan SD Card reader untuk mengimport foto ataupun video. Membutuhkan lighting yang ada pada iPhone untuk disambungkan ke adaper USB kamera Anda dan USB hubnya untuk adapter USB 3 kameranya. Cara mengimportnya adalah:
  1. Colokan lightning pada USB pada adapter USB 3 ke iPhone, lalu
  2. Sematkan USB hub ke adapter dan colok ke listrik
  3. Sambungkan adapter ke listrik menggunakan port lightning, buka kunci iOS dan sambungkan SD Card ke lightning adapter USB 3 atau USB hub.
  4. Tunggu sejenak nanti aplikasi photos akan muncuk dan menunjukkan kontan di SD Card, ada dapat mengimport ataupun menghapusnya.

Itulah cara mudah untuk mentransfer foto dari DSLR ke Smartphone ataupun Android Anda.