Penggunaan Handphone semakin lama semakin berkembang pesat, karena baterai handphone dulunya dibekali dengan sebuah baterai yang kuat mampu bertahan berhari – hari. Seharusnya hingga kini, baterai handphone semakin kuat dan bertahan lama atau tidak mudah kembung. Namun, sekarang ini handphone dibekali dengan baterai yang hanya bisa bertahan paling lama sehari, semalam, atau bahkan hanya bertahan selama 12 jam saja. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mudah mencegah baterai handphone kembung atau mudah tahan lama.

Terjadinya baterai kembung semata – mata bukan karena kualitas baterai handphone yang sangat buruk, melainkan karena handphone aktif melakukan sinkronisasi data. Hal tersebut dapat menyebabkan daya tahan baterai mudah habis atau mudah kembung. Supaya baterai handphone tahan lama kalian harus menjaga baterai agar tetap awet, agar tidak mudah kembung atau bocor. Simak caranya berikut ini:

Jangan biarkan Overheat

Handphone akan mengalami Overheat bila kita terus – menerus menggunakannya tanpa memberikan jeda atau tanpa memberikan waktu handphone untuk beristirahat. Layaknya manusia handphone juga perlu istirahat agar tidak terjadi overheat. Handphone sangat rentan mengalami overheat, oleh karena itu kalian harus menghindari handphone terjadi overheat.

Jangan Menggunakan Handphone Saat Men-Charger

Saat pengguna sedang men-charger handphone sebaiknya diamkan handphone hingga daya baterai terisi penuh, kalau perlu biarkan handphone dalam keadaan mati saat sedang mengisi daya. Jika kalian sering – sering menggunakan handphone dalam keadaan charger, baterai handphone akan beresiko bocor atau kembung. Sebaiknya, hindari hal tersebut dengan membiarkan handphone saat sedang men-charger.

Jangan Charger Handphone Semalaman

Membiarkan handphone saat men-charger memang benar, namun jangan membiarkannya dalam jangka waktu semalaman. Kapasitas listrik berlebihan saat mengisi ulang semalaman akan memicu overheat pada charger dan dapat menyebabkan panas menyebar ke permukaan body smartphone. Saat ini sudah banyak handphone yang dibekali dengan teknologi Auto – Cut – Off saat daya sudah terisi penuh, akan tetapi tidak ada baiknya, untuk mencegah agar baterai tidak terjadi kembung sebaiknya perhatikan durasi pengisian baterai jangan sampai semalaman.

Jangan Biarkan Baterai Handphone 0%

Cara mudah mencegah baterai handphone kembung selanjutnya ialah jangan sampai kalian membiarkan baterai handphone mati total atau 0%. Sesekali kalian memang tidak masalah membiarkan baterai handphone kosong untuk melakukan kalibrasi. Namun, perlu kalian ingat proses kalibrasi baterai handphone hanya dilakukan satu hingga dua kali saja dalam siklus satu bulan. Jika kalian terlalu sering membiarkan baterai handphone mati total, akan berakibat kepada lamanya proses pengisian, hingga memicu panas yang berlebihan dan mengakibatkan baterai kembung.

Gunakan Charger Asli

Menggunakan adapter charger yang tidak sesuai dengan merk handphone akan memicu aliran listrik berlebihan, sehingga dapat membuat konektor charger kaget. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menggunakan charger handphone bawaan asli.

Hindari Panas

Beberapa alat elektronik yang menghasilkan panas berlebih seperti CPU, Dashboard, Mobil, Kulkas, dan masih banyak lagi sebenarnya saat panas dapat memberikan radiasi ke handphone. Supaya baterai handphone tidak kembung dan tidak mudah bocor, sebaiknya pengguna handphone sebisa mungkin menempatkan handphone ditempat yang sejuk, hindari tempat yang dapat menghasilkan panas. Karena jika handphone terlalu sering terkena panas dapat merusak baterai. Karena panas pada permukaan handphone akan membuat baterai menjadi kembung dan akhirnya bocor, nah kebocoran baterai handphone yang kembung bisa dipacu oleh casing handphone atau bahkan panas berlebihan.

Jadi, bagi teman – teman yang sudah pernah mengalami baterai kembung sebaiknya kali ini memperhatikan cara mudah mencegah baterai handphone kembung. Jika sudah memperhatikan hal tersebut kalian akan dapat menjaga baterai handphone agar bertahan lebih lama atau berumur panjang, selamat mencoba.

By: Alfiana Irsyada