Cara Mudah Membuat Kata Sandi Di File RAR (2017) – File RAR adalah arsip yang terkompresi yang berguna untuk mengecilkan penggunaan memori suatu file apabila kita ingin meminimalisir penggunaan memori suatu file di dalam folder komputer, flashdisc ataupun alat penyimpanan data lainnya.

RAR sangat populer karena ukuran file yang bisa dikompresi, tapi bukan itu saja, RAR makin populer dengan enkripsi kuat yang ada di dalamnya. Dengan hanya beberapa klik, kita dapat mengenkripsi dan melindungi arsip RAR dengan password . Tanpa password yang benar, pengguna yang tidak berhak bahkan tidak dapat melihat nama file yang didalamnya.

Ternyata keunggulan RAR untuk bisa melindungi privasi ini tidak banyak pengguna yang tahu, nah jika kalian merasa tertarik dengan keunggulan RAR dan belum mengetahu caranya, artikel ini siap membantu

1. Download dan install WinRAR. Kita bisa mendownload WinRAR di sini . Hindari menggunakan opsi “Get WinRAR FREE with TrialPay”. Ini akan mencoba memasang adware di komputer kita.

2. Tambahkan file kita ke arsip RAR baru. Ada beberapa cara berbeda yang dapat kita lakukan:
– Buka WinRAR lalu cari file yang ingin ditambahkan. Pilih semua file dan kemudian klik tombol “Add”.
– Pilih semua file yang ingin di arsipkan di Windows. Klik kanan pada pilihan dan pilih “Add to archive …”.

3. Beri nama arsip kita. Secara default, nama file tersebut akan dinamai sesuai dengan aslinya.

4. Klik tombol pilihan “Set password … “ . Ini terletak ketika kita klik kanan pada file yang akan di arsip lalu pilih “Add to archive …” makan akan muncul beberapa tab. Pili tab pertama yaitu General lalu pilih option “Set password … “  di posisi bawah

Cara Mudah Membuat Kata Sandi Di File RAR (2017)

5. Masukkan password yang di inginkan dan masukan untuk yang kedua kalinya untuk mengkonfirmasi passsword.

6. Centang kotak “Encrypt file names”. Ini akan memastikan tidak ada yang bisa melihat nama file yang ada dalam file RAR sampai mereka berhasil memasukkan kata sandi.

7. Klik Ok untuk menyimpan password kita. Klik Ok lagi pada “Archive name and parameters” untuk membuat file RAR baru .

8. Setelah file RAR dibuat, cobalah file RAR tersebut dengan mengklik dua kali untuk mengujinya. Saat kita mencoba mengekstraknya jika kita diminta memasukkan password berarti cara yang di lakukan berhasil.