Cara Mudah Backup Data Smartphone Tanpa Ribet – Sebelumnya apakah kalian tahu apa itu backup data? Backup data adalah kegiatan menyalin data yang telah tersimpan di dalam harddisk sebuah komputer ke media lain seperti flashdisk, harddisk eksternal atau media lainnya. Tujuan dari backup data ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kehilangan data karena kerusakan pada perangkat penyimpanan kalian. Pasti kalian tidak ingin kan file-file penting kalian hilang? Maka dari itu kalian harus backup data untuk mengantisipasi sebelum file-file penting kalian menghilang.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara mudah backup data smartphone tanpa ribet. Silahkan disimak teman-teman 😀

  1. Menggunakan Kabel Data

Cara Mudah Backup Data Smartphone Tanpa Ribet

Cara ini yang paling sering kita lakukan. Menggunakan kabel data ini termasuk cara yang klasik karena kalian melakukannya secara manual.

  1. Menggunakan Layanan dari Google

Cara Mudah Backup Data Smartphone Tanpa Ribet

Cara mudah backup data smartphone tanpa ribet selanjutnya yaitu dengan menggunakan layanan dari google. Dengan menggunakan cara ini, kalian akan mendapatkan banyak keuntungan. Kalian bisa mengambil data pada smartphone yang berbeda dengan akun yang sama. Backup data menggunakan layanan dari google ini sangat memudahkan kita jika suatu saat smartphone kita rusak, kita hanya perlu menggunakan akun yang sama. Cara menggunakan layanan dari google ini yaitu :

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih privacy atau pribadi
  • Pilih opsi cadangkan atau atur ulang
  • Ceklis “Backup data saya” dan “Restore”
  1. Menggunakan dukungan aplikasi pihak ketiga

Cara Mudah Backup Data Smartphone Tanpa Ribet

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kalian bisa cari aplikasi backup data pada Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi backup data, pastinya data-data penting kalian aman dan tidak hilang.

Itulah cara mudah backup data smartphone tanpa ribet, kalian bisa memilih cara mana yang akan kalian pakai. Rajin-rajinlah untuk backup data, karena suatu saat data tersebut akan berguna di kemudian hari. Semoga pada artikel ini dapat membantu kalian dalam menyelesaikan masalah karena seringnya kehilangan data. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman-teman kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman 😉