Merekam layar iPhone di Mac telah menjadi hal yang sangat biasa, untuk saat ini orang bertanya tanya mengenai cara merekam layar di iPhone langsung dari iPhone nya. Tetapi biasanya cara merekam iPhone langsung harus jailbreak dan itu kadang membuat kita berpikir dua kali. Untuk kita yang masih keberatan dengan cara tersebut, artikel ini bisa membantu kita. Pada artikel ini kita akan membahas cara merekam layar di iPhone tanpa jailbreak.

Untuk melakukan cara ini kita membutuhkan sebuah aplikasi yaitu Shou . Shou adalah perekam aplikasi layar di iPhone yang mampu merekam layar iPhone tanpa bantuan komputer. Yang harus kita lakukanadalah sebagai berikut:

Langkah 1. Buka  link http://emu4ios.net/ di Safari pada iPhone atau iPad.

Langkah 2. Download dan install Emu4ios Store (Beta) pada perangkat kita. Disni kita dapat men-download aplikasi yang tidak ada di iOS App 

Open Emu4iOS.net in Safari on iPhone

Langkah 3. Setelah berhasil menginstal Emu4ios Store pada iPhone kita, langsung buka aplikasinya.

Tap on Emu4iOS Store on iPhone

Langkah 4. Selanjutnya, cari aplikasi Shou dan instal secara gratis.

Locate Shou in Emu4iOS Store on iPhone

Langkah  5. Ketika sudah di buka sebelumnya kita harus mendaftar untuk aplikasi ini. Kita dapat menggunakan akun Facebook untuk mendaftar langsung.

Shou iPhone App Login Options

Langkah 6. Tekan tombol Start Recording untuk proses perekaman layar.

Record iPhone and iPad Screen with Shou

Aplikasi ini memberikan kita pilihan untuk mengubah Format, Orientasi, Resolusi dan Birate. Untuk melakukannya, tekan pada i di sebelah Recording Start dan pilih opsi yang disukai sebelum merekam layar iPhone.

Recording Options in Shou iPhone App

Langkah 7. Sekarang, keluar dari aplikasi Shou dan rekam layar iPhone kita. Bagian atas perangkat kita akan berwarna merah ketika sedang merekam.

Recording iPhone Screen with Shou

Jika kita ingin berhenti merekam, tekan pada warna merah di bagian atas perangkat kita atau pergi ke aplikasi Shou dan kemudian tekan tombol perekaman.

Stop Recording in Shou App

Jika  ingin melihat rekaman, tekan opsi Recordings di bawah. Kita akan melihat rekaman kita dengan sortir tanggal dan waktu, tekan pada ikon putaran lingkaran yang berwarna-warni dengan tulisan S didalamnya.

iPhone Screen Recording History