Smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan manusia saat ini. Sayangnya, baru beberapa dari pengguna perangkat ini yang memberikan perawatan atau mau menyisihkan sedikit waktunya untuk merawat smartphone mereka. Padahal jika salah satu komponennya rusak, maka kinerjanya pun akan menurun.

Cara yang dilakukan untuk merawat gadget termasuk mudah dan hanya membutuhkan sedikit waktu. Berikut enam cara untuk merawat smartphone.

Mematikan gadget

Beberapa orang tidak mematikan gadget mereka meskipun dalam keadaan tidak terpakai. Dengan mematikan gadget, sama halnya dengan memulihkan dan mempertahankan keadaan baterai dan komponen lain di dalamnya agar tetap berjalan normal. Proses ini kurang lebih sama dengan manusia yang membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

Matikan Wifi dan Bluetooth

Pernah mempermasalahkan borosnya baterai gadget Anda? Mungkin salah satu penyebabnya adalah terus menyalakan fungsi Wifi dan Bluetooth. Dalam fungsi diaktifkan, mereka akan terus mencari jaringan yang tersedia dan terus menguras baterai perangkat Anda. Karenanya, dalam keadaan tidak terpakai, pastikan untuk mematikan fungsi tersebut dan memungkinkan gadget kesayangan memiliki daya baterai yang lebih lama. Fungsi lainnya juga harus diperhatikan, yakni GPS.

Jangan gunakan dalam suhu ekstrim

Bila Anda termasuk orang yang suka berpergian ke luar negeri dengan perbedaan suhu drastis dengan Indonesia, maka pertimbangkan untuk selalu menaruh gadget dalam suhu ruangan antara 16 hingga 30 derajat celcius. Jangan biarkan pula smartphone atau perangkat lainnya milik Anda terpapar langsung dengan sinar matahari karena akan merusak kinerja komponen di dalamnya. Cara tersebut juga untuk mengurangi kemungkinan peningkatan suhu secara drastis pada mesin utama.

Jangan mengisi baterai semalaman

Tindakan mengisi daya baterai gadget semalaman mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang. Alasannya agar saat pagi baterai telah terisi penuh dan dapat langsung digunakan. Padahal tindakan tersebut malah akan cepat membuat baterai gadget Anda bocor dan rusak. Bahkan, membuat kinerja smartphone menurun dan Anda direpotkan karena harus berkali-kali mengisi dayanya.

Menggunakan charger resmi

Harga charger dan aksesoris resmi lainnya memang relatif lebih mahal, sehingga pengguna gadget beralih pada pilihan lain dengan harga yang lebih murah. Tindakan itu bisa berakibat sangat fatal, karena dapat merusak gadget Anda. Meskipun port charger yang tidak resmi bisa jadi cocok dengan gadget Anda, tapi voltase yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda-beda. Jika terus menerus menggunakan charger yang tidak resmi bisa memunculkan kerusakan dan mungkin saja baterai bisa terbakar.

Sering dibersihkan

Sama seperti benda lainnya, smartphone maupun gadget Anda akan kotor bila tidak dibersihkan. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan gadget yang sehari-hari digunakan lebih kotor dibandingkan pintu toilet. Saran terbaik adalah membersihkan secara rutin perangkat kesayangan Anda dengan kain lembut atau sesekali menggunakan tisu basah untuk bagian tertentu. Jangan tunggu hingga debu dan kotoran yang melekat mengganggu fungsi port dalam gadget Anda.

Dan itulah enam cara untuk merawat smartphone agar tetap awet dan performanya tetap bagus. Cobalah dari sekarang sebelum smartphone anda benar-benar rusak. Selamat mencoba :)