Generasi saat ini adalah konsumen terbesar dari perangkat komputasi. Komponen utama sistem komputasi yaitu penyimpanan dan kecepatan, dengan peningkatan konsumsi internet dan media digital, selalu menjadi kebutuhan untuk mengoptimalkan penyimpanan dan kecepatan. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah mengurangi ukuran tanpa mengurangi kualitas. Menyimpan gambar – gambar menjadi perhatian bagi pengguna dengan storage perangkat yang terbatas.

Gambar juga dapat dikurangi ukurannya untuk mengoptimalkan kecepatan, karena semakin banyak data semakin berkurang kecepatan perangkat. Gambar berkualitas tinggi dengan ukuran yang dikurangi tidak hanya menghemat ruang tetapi juga meningkatkan kecepatan loading ke tingkat yang lebih besar. Jadi, jika kita mencari cara untuk mengurangi ukuran file gambar tanpa kehilangan kualitas, maka dalam artikel ini saya memiliki solusi. Aplikasi di bawah ini aplikasi web, perangkat lunak serta plugin yang akan membantu mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas.

1. Trimage.

Cara Mengurangi Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kulitas (Part I)

Ini adalah software sederhana yang dapat membantu kita mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas. Tersedia di OS Windows, Mac serta Linux. Mendukung kedua jpg dan file PNG.

2. GimpShop.

Cara Mengurangi Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kulitas (Part I)

GimpShop adalah alat lintas platform yang tersedia untuk Windows, Mac dan Linux, memiliki berbagai alat editing serta fitur photoshop fitur dan menawarkan alat kompresi yang lebih baik.

3. ImageOptim.

Cara Mengurangi Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kulitas (Part I)

ImageOptim hanya tersedia untuk pengguna Mac, menawarkan satu set optimasi gambar serta alat-alat kompresi. Aat kompresi dirancang dengan baik sehingga kita tidak dapat melihat kerugian dalam kualitas.