Cara Mengurangi Ukuran File PDF Tanpa Menghilangkan Kualitas – Dengan meningkatnya penggunaan komputer dan internet untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun kegiatan pekerjaan, semakin meningkatnya juga segala sesuatu di sekitar kita selalu berhubungan dengan digital. Segala sesuatu yang berhubungan dengan digital itu selalu dikaitkan dengan perangkat penyimpan, entah itu hardisk, flash disk, memory card dll. Tapi apa yang menjadi masalah disini? tentu ada, yaitu keterbatasan kita memiliki ruang dalam perangkat penyimpanan itu sendiri.Untuk kita yang seorang pelajar, mahasiswa/i , karyawan, pengusaha pasti tidak pernah lepas dari dokumen dan dokumen digital itu berupa pdf. PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, ini berarti bahwa file ini sangat portable karena mengandung setiap detail dari tata letak dokumen bersama dengan teks, font, rincian grafis dan lain-lain yang tetap konstan terlepas dari perangkat lunak dan perangkat keras sistem. Dengan demikian, itu adalah format yang paling sering digunakan untuk berbagi dokumen secara online bahkan kita dengan mudah mengelola kemudian menggunakan editor PDF secara online. Dalam rangka menghemat ruang penyimpanan dan kemudahan untuk berbagi dokumen ini agar dokumen dapat dengan cepat terkirim, para pengguna mengambil langkah untuk mengurangi ukuran dokumen tersebut. Tetapi banyak dari kita yang ketika mengurangi ukuran tetapi tingkat kualita menjadi menurun. Nah, tenang saja pada artikel kali ini saya akan membantu bagaimana caranya mengurangi ukuran PDF tanpa menghilangkan kualitasnya. Ikuti langkah-langkah berikut

1. PDF Converter Software.

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan dan mengoptimalkan dokumen PDF adalah dengan menginstal Software PDF Converter. Ada beberapa tool gratis yang tersedia di internet seperti PrimoPDF yang membantu untuk melakukan hal tersebut. Hal ini memungkinkan beberapa optimisations dan juga memberikan opsi untuk mengurangi ukuran file PDF.

Cara Mengurangi Ukuran File PDF Tanpa Menghilangkan Kualitas

Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

1. Download dan install PrimoPDF dari link yang diberikan di bawah ini.
2. Buka file PDF dan klik Print.
3. Pada kotak dialog, pilih printer untuk “PrimoPDF” dan kemudian menuju ke “Properties”.
4. Pilih opsi kualitas layar untuk mendapatkan ukuran PDF yang paling terkecil.
5. Klik “appky” dan kemudian klik “Print”.

Catatan: Kualitas ini baik ketika di lihat di layar atau softcopy tetapi tidak bagus ketika mencetak di kertas.

2. Online PDF Compression Tool

.Ada beberapa tool online yang membantu kita dalam mengkompresi dan pengurangan ukuran file pada PDF. Salah satu alat tersebut, dan salah satu yang terbaik adalah SmallPDF. SmallPDF.com adalah tool online server yang langsung mengurangi ukuran file PDF. Tidak ada batasan pada ukuran file atau pada jumlah kali kita dapat menggunakan layanan ini.

Berikut ini cara menggunakannya:

1. Akses link “smallpdf.com

Cara Mengurangi Ukuran File PDF Tanpa Menghilangkan Kualitas
2. Upload file PDF kita di website.
3. Tunggu proses kompresi untuk menyelesaikan.
4. Bila kompresi selesai, klik pada tombol “Download” untuk mendownload file terkompresi.