Ada beribu-ribu aplikasi yang tersedia secara gratis dan berbayar di iPhone, iPad dan juga iPod. Aplikasi ini mungkin sepenuhnya gratis atau ada juga yang memberikan keringanan dari produk berbayar penuh. Menggunakan aplikasi gratis dapat menghemat uang dalam waktu yang panjang.Bagaimana cara mengunduhnya? Nah ini dia penjelasannya :

1. Buka App Store

Meskipun ada banyak aplikasi yang membutuhkan pembelian, namun ada juga ribuan aplikasi yang tersedia untuk diunduh yang sepenuhnya gratis. Aplikasi-aplikasi ini mungkin berupa versi gratis dari aplikasi berbayar dengan iklan, atau dapat juga sepenuhnya gratis tanpa syarat apa pun.

2. Masuklah kedalam sistem menggunakan ID Apple Anda

Anda harus memiliki ID Apple yang benar agar dapat mengunduh aplikasi gratis. Anda dapat membuat ID Apple tanpa menggunakan kartu kredit dengan mengikuti panduan artikel di wikiHow tentang pembuatan akun iTunes tanpa menggunakan kartu kredit.

3. Jelajahi dan Cari Aplikasi

Akan ada berbagai kategori dan aplikasi unggulan yang dapat dipilih dari halaman utama App Store. Anda dapat menggunakan kategori untuk mencari aplikasi yang menarik perhatian Anda, atau Anda dapat mencari aplikasi tertentu dengan menggunakan fungsi Search. Aplikasi gratis akan ditandai dengan tulisan “Free” pada bagian harga dari deskripsi aplikasi.

4. Ketuklah pada Aplikasi untuk membuka Detailnya

Saat Anda menemukan aplikasi yang diinginkan, ketuk untuk membuka jendela program baru yang berisi semua detail aplikasi. Di sini Anda dapat melihat apakah aplikasi itu cocok bagi siapa pun yang menggunakan peralatan itu, dan apakah Anda dapat membeli sesuatu dari dalam aplikasi. Jika aplikasi tersebut menawarkan pembelian dari dalam aplikasi, maka akan ada pemberitahuan kecil di bawah nama perusahaan yang menyebutkan “Offers In-App Purchases”. Acapkali hal ini berarti bahwa fungsi penuh dari aplikasi tersebut membutuhkan pembelian melalui aplikasi tersebut.

5. Ketuklah tombol Free

Hal ini akan mengubah tombol itu menjadi tombol “Install”.

6. Ketuklah tombol Install

Jika ID Apple Anda diatur untuk menanyakan kata sandi, maka Anda harus mengisikan kata sandi sebelum aplikasi mulai melakukan instalasi. Aplikasi akan mulai mengunduh dan melakukan instalasi. Ketika aplikasi telah selesai dipasang, aplikasi itu akan muncul pada layar Home. Jika peralatan Anda diatur agar hanya mengunduh lewat Wi-Fi, Anda mungkin harus menunggu hingga terhubung dengan jaringan agar pengunduhan dimulai.