Pada zaman smartphone sekarang ini, banyak pengguna usia muda atau bahkan anak-anak kecanduan smartphone. Hal tersebut yang menyebabkan ketergantungan pada smartphone ini terus meningkat. Tentu saja beberapa pihak khawatir dengan hal ini, karena ketergantungan smartphone dapat berakibat buruk pada psikologis otak. Tetapi ada beberapa cara mudahuntuk menghentikan atau mencegah agar ketergantungan tersebut tidak berlanjut.

Matikan Notifikasi

Ini adalah hal palingmudah untuk menghentikan ketergantungan. Aplikasi yang perlu dimatikan notifikasi nya adalah aplikasi sosial media atau chatting, dua hal tersebut adalah yang paling mengganggu konsentrasi pengguna.

Waktu yang terbuang untuk Smartphone

Untuk dapat melakukan hal ini, pengguna tidak perlu merasa sulit untuk menghitung sendiri berapa lama waktu yang sudah dihabiskan bersama smartphone mereka. Yang perlu dilakukan cukup mengunduh aplikasi Quality Time untuk Android dan Moment untuk iPhone. Kedua aplikasi tersebut nantinya dapat mengingatkan pengguna ketika pengguna terlalu lama menatap layar smartphone.

Agendakan jam bebas Smartphone

Adakalanya pengguna memerlukan waktu tanpa smartphone nya, inilah salah satu caranya. Pengguna hanya perlu mencatat waktu untuk bebas smartphone, didukung pula dengan mematikan jaringan internet smartphone milik pengguna.

Jangan gunakan smartphone sebagai alarm

Meletakan smartphone di area tempat tidur dapat berakibat buruk bagi kesehatan, itu salah satu alasannya. Selain itu disaat pengguna mematikan alarm mereka, mereka dapat langsung melihat notifikasinya, sehingga pengguna malah akan asyik dengan smartphone nya.

Lakukan terapi “tech break”

Bila langkah-langkah diatas belum bisa mengurangi ketergantungan anda, anda dapat melakukan terapi sederhana yang dinamakan “tech break”. Yang perlu anda lakukan adalah melihat semua notifikasi dan pesan dalam waktusatu menit saja, lalu atur alarm selama 15 menit dan matikan smartphone anda. Sebisa mungkin selama 15 menit anda tidak melihat smartphone anda dan anda dapat  merelaksasi tubuh dan pikiran anda. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai ketergantungan anda berkurang atau bahkan hilang.

Semoga artikel Cara Menghentikan Kecanduan Pada Smartphone, bermanfaat untuk kalian.