Kecepatan dan daya komputasi dari ponsel Android mu tergantung pada ukuran RAM di ponsel. Tidak seperti sistem operasi desktop, sistem operasi Android menyimpan history aplikasi yang baru saja dibuka dan hal ini yang membuat RAM terkuras. Sebenarnya menghemat RAM untuk ponsel Android dapat dicapai dengan pintarn pintarnya kita mengelola sebuah aplikasi dan pengaturan koneksi data.

Contoh cara menghemat memori RAM pada Android:

Android Widget
Sementara widget Android memberikan kemudahan dan gaya untuk pengguna smartphone, tetapi widget dapat mengkonsumsi sumber daya yang signifikan dan dapat menyebabkan ponsel menjadi lambat. Banyak widget yang memperbarui melalui internet setiap beberapa menit, yang mengkonsumsi banyakk RAM yang tersedia. Tekan dan tahan setiap ikon widget seluler sampai kamu merasakan getaran sedikit dan tarik widget ke ikon tempat sampah untuk menghapus widget yang tidak aktif digunakan.

Aplikasi yang Tidak Terpakai
Aplikasi yang tidak terpakai cukup mengambil ruang penyimpanan internal ponsel, selaon itu menguras RAM ponsel juga. Untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai, pergi ke menu aplikasi, tekan dan tahan ikon aplikasi, dan pilih “Uninstall” dari menu. Menghapus aplikasi dari layar  hanya akan menghapus icon pada layar, bukan aplikasi itu sendiri. Bahkan aplikasi yang tidak terpakai mencari update secara berkala yang mengkonsumsi RAM yang lumayan.

Pesan Teks
Menghapus pesan teks lama dengan menekan tombol “Menu” dan memilih “Delete All Threads”. Meskipun setiap pesan teks hanya beberapa kilobyte dalam tapi aplikasi pesan teks cukup memakan memori juga. Menghapus pesan teks secara berkala apat membantu untuk meningkatkan memori RAM karena aplikasi pesan teks tidak memungkinkan kita untuk secara otomatis menghapus pesan teks lama. Pihak ketiga aplikasi pesan teks seperti “Handcent SMS” dan “GO SMS Pro” memberikan kontrol tambahan atas penyimpanan pesan teks kita.