Sekarang ini memang zamannya sosial media seperti Facebook dan Instagram. Nah, akhir-akhir ini video memang menjadi elemen penting pada layanan sosial media.  Tapi sayangnya, pemutaran video ini menyita banyak kuota data internet jika dibandingkan dengan konten seperti teks dan foto. Apakah kalian sudah mengetahui cara menghema kuota saat menonton video di Facebook dan Instagram?

Pada layanan media sosial seperti Facebook dan Instagram itu memutar video secara otomatis atau autoplay ketika penggunanya sedang membuka aplikasi. Hal ini sangat disayangkan karena tidak semua video yang dibagikan oleh teman menarik bagi kita. Untuk itulah kalian harus mengatur pada pengaturan aplikasi media sosialnya untuk menyetop autoplay nya. Setiap aplikasi media sosial, mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengatur autoplay nya.

Berikut Cara Menghemat Kuota Saat Menonton Video di Facebook dan Instagram:

1. Facebook

Bagi kalian pengguna iPhone, cara untuk menonaktifkan auotoplay dengan cara menekan ikon menu burger (tiga garis menumpuk) yang terletak di sisi kanan bawah antarmuka pada aplikasi Facebook. Untuk selanjutnya kalian cukup pilih “Settings”, terus “Account Settings”. Selanjutnya gulir layar kebawah hingga kalian menemukan pilihan “Videos and Photos”. Kemudian kalian cari pilihan “Autoplay” dan klik “Never Autoplay Videos”.

Sedangkan untuk kalian yang pengguna Android, cara mengubah pengaturan autoplay nya lebih mudah. Kalian cukup menekan ikon burger disisi kanan atas antarmuka aplikasi Facebook. Kemudian kalian gulir ke bawah sampai menemukan pilihan “Autoplay” dan pilih “Never Autoplay Videos”.

2. Instagram

Untuk Instagram sekarang ini memang tidak menyediakan pilihan untuk menghentikan autoplay secara keseluruhan. Tapi kalian tenang saja, karean kalian bisa menghemat data dengan memilih pilihan “Use Less Data”. Pilihan ini akan menghentikan mekanisme pre-loading video ketika kalian akan membuka aplikasi. Jadi nanti video hanya akan terputar secara otomatis, ketika kalian menggulir layar dan sampai pada konten tertentu.

Untuk cara mengaktifkan “Use Less Data” itu sangat mudah. Untuk pengguna iPhone kalian cukup tekan gear pada sisi kanan atas antarmuka aplikasinya. Kemudian kalian pilih “Cellular Data Use” dan aktifkan “Use Less Data”. Sedangkan untuk Android itu sama saja, tapi tahap awal kalian harus menekan ikon tiga titik bukan ikon gear. Lalu kalian tekan “Cellular Data Use” dan aktifkan “Use Less Data”.

Nah, itullah  Cara Menghemat Kuota Saat Menonton Video di Facebook dan Instagram. Sangat mudah kan caranya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.