Cara Menghemat Kuota Internet Agar Tidak Cepat Habis – Setelah mengetahui penyebab kuota internet cepat habis pada smartphone, maka hal yang harus di lakukan agar kuota internet tetap dalam kondisi aman dan tidak cepat habis adalah dengan menggunakan browser Chrome dan Opera untuk surfing.

Berikut adalah cara menghemat kuota Internet agar tidak cepat habis dengan menggunakan browser, yaitu :

1. Google Chrome

Pada Google Chrome dapat mengaktifkan fitur kompresi data melalui Settings > Bandwidth management > Reduce data usage, lali pilih On (aktifkan).

2. Opera

Pada Opera dapat mengaktifkan fitur kompresi data dengan klik logo Opera dan pilih aktifkan Off Road.

3. Opera Mini

Karena Opera ini sudah dirancang khusus untuk mobile maka Opera Mini sudah mengaktifkan kompresi data secara default.

4. Opera Max

Pada Opera Max tidak hanya dapat mengkompresi data internet yang digunakan oleh aplikasi Android pada saat surfing, Opera Max juga dapat mengkompresi data aplikasi atau browser hingga 50 persen.
Misalnya jika membuka video yang berukuran asli 1,4MB maka Opera Max akan mengkompresikan menjadi 0,6MB atau video 10MB mampu dikompres hingga 3MB. Konsekuensi nya adalah akan membuat kualitas foto dan video berkurang

5. Onavo Extend

Onavo Extend hampir sama dengan Opera Max yaitu dapat mengkompresi melalui server Onavo. Namun pada Onavo Extend tidak dapat mengkompresi video dan audio. Onavo Extend juga hanya tersedia pada Android 4.x keatas.