Bagi para pengguna smartphone pasti merasakan smartphone yang kita gunakan cepat sekali kehabisan daya baterai. Sebenarnya hal itu sudah biasa karena banyak fitur dan aplikasi yang berjalan saat smartphone dihidupkan, hal itulah yang membuat daya baterai smartphone menjadi cepat habis. Nah, ini ada beberapa cara menghemat dan memperpanjang umur baterai smartphone. Yuk, kita lihat ulasan berikut.

Jangan Menunggu Daya Baterai Habis

Sepertinya hal ini sudah bukan rahasia umum lagi karena para pengguna sudah mengetahui bila kita menggunakan smartphone sebaiknya jangan menunggu sampai daya baterai habis karena akan berdampak buruk pada smartphone tersebut.

Kurangi Tingkat Kecerahan

Layar android tentu saja harus terang, karena untuk mempermudah penggunaan kita bila dalam keadaan gelap. Tetapi, akan lebih baik jika kita mengurangi tingkat kecerahan pada smartphone agar bisa menghemat daya baterai yang kita gunakan.

Jangan Menggunakan Wallpaper Live

Menggunakan Wallpaper yang live atau bisa bergerak memang terlihat keren dan lucu, tapi akan lebih baik jika kita menggunakan wallpaper yang statis (tidak bergerak), tentu saja hal ini bisa menghemat baterai smartphone yang biasa kita gunakan setiap hari.

Hindari Konseleting Pada Smartphone

Konseleting biasanya terjadi karena benturan dengan benda keras atau terjatuh ke dalam air. Lebih baik gunakan pelindung atau cover dan yang lainnya untuk melindungi smartphone Anda. Hubungan arus pendek bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen smartphone Anda.

Matikan Smartphone Saat Sedang Mengecas

Hal ini yang sering menimbulkan kerusakan pada baterai smartphone bahkan komponen yang lain. Sebaiknya saat kita sedang mengecas baterai smartphone, matikanlah smartphone tersebut agar mempercepat proses pengecasan. Dampak yang timbul bila kita menggunakan smartphone saat proses mengecas adalah baterai pada smartphone akan menggelembung dan bisa meledak.