Anda pasti sering membersihkan recent apps atau deretan aplikasi yang sudah dibuka? Pasti ada beberapa orang yang menganggap hal tersebut berguna untuk menghemat baterai smartphone karena aplikasi yang ada di recent apps dianggap masih berjalan. Ternyata hal tersebut tidak efektif untuk menghemat baterai karena recent apps sudah berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam memori (cache), jadi jika Anda melakukan hal ini sia-sia.

Sebenarnya recent apps ini berfungsi untuk memudahkan kita apabila ingin membuka aplikasi itu lagi. Jadi apa yang membuat menghapus recent apps tidak efektif dalam menghemat baterai smartphone? Karena Anda sering menghapus recent apps maka baterai smartphone Anda bekerja lebih keras dan cepat habis, apalagi aplikasi yang dihapus tergolong berat. Hal ini dikarenakan sistem membuka aplikasi dari nol dan membutuhkan lebih banyak tenaga daripada menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan.

Apabila Anda ingin menghemat baterai smartphone Anda sebaiknya jangan memakai cara menghapus recent apps seperti yang biasanya orang banyak lakukan. Anda bisa menggunakan cara dengan membatasi pemakaian data atau dengan mengurangi pemberitahuan (notifikasi). Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi. Aplikasi tertentu, seperti media sosial, biasanya memberikan pilihan untuk mengatur agar notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama. Sementara itu, untuk membatasi pemakaian data, buka panel yang berisi tabel konsumsi data di smartphone. Dari panel tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi yang paling banyak memakan data. Tentu saja, yang paling efektif adalah membawa power bank, sekaligus menerapkan kedua cara di atas.

Silakan dicoba ya, semoga bermanfaat 🙂