Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Tanpa Software Di Windows 10 – Beberapa produsen komputer / laptop membawakan drive internal yang di pasang di perangkatnya mereka dengan membagi menjadi beberapa partisi, satu untuk sistem operasi Windows, dan partisi lainnya untuk “data” kosong untuk file pribadi kita. Jika di antara kita ada yang lebih menyukai tidak membagi drive tapi lebih suka hanya ada 1 partisi artikel ini akan datang menjadi berita baik. Ternyata kita dapat menggabungkan partisi ini menjadi satu.

Trik ini juga bisa digunakan untuk menghapus partisi pemulihan, membebaskan ruang yang biasanya digunakan untuk data recovery. Atau, jika kita membuat komputer / laptop dengan beberapa partisi, kita dapat membatalkan semua itu.

Mengapa Beberapa Komputer / Laptop Memiliki Drive Dengan Beberapa Partisi?

Beberapa produsen komputer / laptop tampaknya berpikir bahwa menjadikan satu partisi ke sistem operasi dan yang lainnya untuk data akan memberikan pemisahan yang baik dari keduanya, sehingga kita dapat menghapus sistem operasi kita dan menginstal ulang dengan leluasa tanpa mengganggu penyimpanan data kita. Ini mungkin perlu dan cocok bagi beberapa orang, tapi tidak sedikit seringkali penggunan merasa tidak perlu akan ini.

Menggabungkan Partisi Hardisk

Note: Ingatlah untuk backup data partisi penting sebelum kita memerintahkan setiap perintah pengelolaan partisi atau membuat perubahan pada PC kita.

Metode 1. Menggabungkan Partisi Pada Windows 10 Dengan Disk Management

Salah satu solusi untuk menggabungkan partisi Windows 10 adalah dengan perintah Windows 10 Disk Management. Disk Management adalah alat pengelola partisi built-in Windows untuk pengguna biasa untuk menggabungkan partisi bebas atau menempatkan perintah pengelolaan partisi lainnya. Kita bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini :

1. Klik kanan ikon “Computer” di desktop, pilih “Manage”, dan pilih “Disk Management”.
2. Pilih partisi dan klik kanan dengan perintah “Delete Volume”. Sebelum kita melakukannya, sangat disarankan bagi kita untuk backup data penting dalam volume.
3. Klik kanan partisi yang berisi yang akan dihapus dan pilih “Extend Volume”. Yang harus kita sadari adalah bahwa kedua partisi itu harus berdampingan.

Setelah proses perpanjangan selesai,penggabungan partisi  sukses di Windows 10.