Hallo semuanya, kali ini Saya mau memberitahu Cara Membedakan Smartphone Asli dan Palsu.

Zaman sekarang teknologi semakin canggih dan berkembang, termasuk smartphone yang semakin hari kian pesat diminati masyarakat. Namun, perlu diketahui ada saja pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk membuat produk palsu bermerk sama. Bahkan ada yang menjual produk smartphone rekondisi yang sekilas sama seperti smartphone baru pada umumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, setiap vendor mempunyai cara atau tips agar produk yang dimiliki bisa dibedakan dengan produk palus. Setiap vendor akan memberitahukan keistimewaan produknya dibandingkan dengan produk lain. Nah, dengan cara dan keistimewaannya tersebut lah setiap vendor smartphone bisa menjual produknya dengan laris.

Lalu bagaimanakah cara agar kita bisa mengetahui perbedaan antara smartphone asli dengan yang palsu? Berikut ini beberapa tips yang perlu kalian perhatikan agar tidak salah beli dan tidak menyesal di kemudian hari, karena smartphone yang palsu.

Spesifikasi

Pada umumnya, smartphone mampu berjalan di jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 dan 3G HSDPA 850/900/1900/2100, tetapi untuk smartphone palsu tidak bisa memakai jaringan tersebut. Selain itu, spesifikasi prosesornya juga menjadi standar penilaian. Dari kapasitas RAM dan ROM-nya bisa diketahui perbedaannya. Pada umumnya smartphone asli kapasitas RAM dan ROM lebih besar daripada yang palsu. Selain itu, dari kamera, layar, konektivitas dan baterainya juga bisa menjadi penilaian palsu atau tidaknya barang tersebut.

Cek IMEI

Biasanya mayoritas ponsel bisa memeriksa kode IMEI, tapi ada juga yang tidak bisa. Untuk memeriksa nomor IMEI, coba tekan tombol *#06# dan lihat nomor IMEI yang muncul pada layar, lalu cocokkan dengan IMEI pada box kalian membeli ponsel tersebut. Kalian bisa mengetahui di mana tempat perakitan ponsel tersebut dengan melihat urutan angka IMEI ke tujuh dan ke delapan. Dari kode-kode tersebut kalian bisa mengetahui di mana tempat produk itu dibuat dengan mencari di Google.

Melalui Data Exif

Melalui kamera yang mengabadikan suatu obyek pada ponsel, kita bisa lihat hasilnya dengan memeriksa di gallery ponsel tersebut. Ketika dipindahkan ke PC pun, kita bisa memeriksa pada Properties dengan cara klik kanan pada file tersebut, lalu lihatlah rincian data exif-nya.

Uji Coba Benchmark

Cara paling ampuh biasanya dengan memakai aplikasi untuk memeriksa benchmark. Aplikasi paling bagus untuk cek benchmark yang biasa dipakai, yaitu Antutu Benchmark, dengan aplikasi tersebut kita akan mengetahui informasi tentang perangkat mobile yang ingin diketahui status kecepatan dan performanya tersebut.

Periksa Bentuk, Desain dan Warna

Biasanya, setiap vendor ponsel membuat ciri khas pada produknya agar tidak sama dengan produk lain. Memang pasti akan ada saja pihak yang meniru produknya tersebut, tetapi tetap saja akan terlihat ciri khas yang tidak bisa ditiru oleh pihak plagiaters. Selain desain, bentuk dan warna, bobot dan bentang layar pada ponsel juga bisa menjadi salah satu acuan asli atau tidaknya produk tersebut.

Kartu Garansi

Salah satu hal ini juga bisa menjadi acuan asli atau tidaknya sebuah produk smartphone yang ingin kita beli. Biasanya produk yang benar-benar asli akan memberikan garansi yang sangat lama. Jadi, jika ada pihak yang menjual produk, tetapi tidak memberikan kartu garansi berarti produk tersebut palsu. Namun, kita juga harus tetap waspada, karena ada saja pihak yang pintar untuk membuat kartu garansi.

Periksa Logo

Biasanya smartphone palsu tidak menampilkan logo pada bagian yang terdapat pada smartphone asli. Smartphone asli selalu menampilkan logo di bagian yang bahkan tidak bisa ditiru oleh pihak plagiaters. Kita juga bisa memeriksa logo pada smartphone tersebut apakah cepat luntur atau tidak.

Periksa NFC Connector

Apakah kalian sering melepas baterai dan memperhatikan lubang tembaga berwarna kuning ? Itu adalah yang dimaksud NFC connector yang menjadi jalur untuk mengisi daya baterai. Biasanya jika jarang dilepas pada ponsel hanya terlihat sedikit saja goresan hitam pada lubang kuning tersebut ketika baru dilepas, tetapi jika baru dilepas dan ternyata goresannya lebar, kemungkinan baterainya yang palsu atau ponselnya yang palsu.

Kualitas dan Harga

Jangan mau tertipu diimingi harga smartphone yang murah, karena biasanya smartphone murah, tetapi bermerk terkenal itu palsu. Kalian bisa mencari tau informasi harga dan spesifikasi di situs resmi smartphone tersebut atau di situs yang sering review gadget-gadget berkualitas.

Bagaimana ? Apakah kalian sudah paham cara mengetahui smartphone asli atau palsu yang sudah Saya jelaskan tersebut ? Jika kalian kurang yakin, untuk membuat kalian lebih yakin dalam membeli smartphone asli, bisa datang ke dealer atau toko resmi smartphone tersebut, jangan asal duduk di toko yang tidak resmi.

Semoga artikel Cara Mengetahui Smartphone Asli dan Palsu yang Saya sampaikan ini bermanfaat untuk kalian.