Cara Mengetahui Lokasi Orang Terkasih – Di zaman yang serba digital ini, sekarang hadir beberapa aplikasi canggih yang dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan. Seperti yang dilakukan Google yang menciptakan aplikasi yang dapat membantu jika kamu ingin melacak keberadaan keluarga, teman atau orang terkasihmu. Apakah aplikasi itu? Kamu bisa mengunduh aplikasi Google Trusted Contact di Google Play Store. Pada aplikasi ini kamu bisa menandai beberapa nama dari kontakmu dengan jenis “Trusted”. Kamu bisa mengirim lokasimu pada orang yang kamu percayai dan kamu juga bisa menanyakan lokasi mereka. Untuk mengakses aplikasi Google Trusted Contact, kamu bisa menggunakan Google Account dan aktifkan fitur locationmu.

Aplikasi Trusted Contact ini tetap bisa melihat lokasi kamu walaupun smartphone kalian dalam keadaan mati. Namun, lokasi yang ditampilkan adalah lokasi terakhir saat smartphone kalian menyala.

Berikut cara menggunakan aplikasi Google Trusted Contact:

  1. Download dan install aplikasi Google Trusted Contact
  2. Tambahkan teman yang ada pada kontakmu untuk menjadi teman Google Trusted Contact
  3. Orang yang kamu masukkan ke daftar kontak akan menerima notifikasi
  4. Kamu bisa mulai berbagi lokasi
  5.  Jika dalam 5 menit kamu tidak menjawab request tersebut, maka lokasi terakhir kamu akan diberitahukan secara otomatis oleh aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan pada situasi darurat. Misalnya jika kamu dan temanmu sudah saling memiliki aplikasi ini, dan kamu meminta lokasi temanmu, jika dalam 5 menit temanmu tidak memberikan akses, kamu tetap bisa menerima notifikasi lokasi dari temanmu secara otomatis loh. Fungsi utama dari aplikasi ini berguna jika kamu tidak bisa mengakses smartphone, tapi orang lain yang telah kamu percayai atau yang tadi sudah ditandai dengan “Trusted” bisa mengaksesnya.

google-trusted-contact

trusted-contact

trustedcontacts

 

Selain itu juga, jika kamu sedang merasa tidak aman, kamu bisa berbagi lokasimu dengan keluarga yang terdaftar di aplikasi Trusted Contact ini. Kamu juga bisa mengirimkan lokasimu pada keluargamu jika mereka khawatir akan keberadaanmu. Aplikasi Google Trusted Contact ini tersedia untuk para pengguna android. Namun, google mengatakan bahwa aplikasi ini belum tersedia untuk pengguna iOS dan masih dalam tahap pengerjaan.

Begitulah cara mengetahui lokasi orang terkasih. Semoga dengan aplikasi ini dapat membantu kalian yang ingin berbagi lokasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman.