Siapa yang pernah menghapus data atau file yang sangat penting di perangkat Android? Mungkin saat itu Anda panik. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir/merasa cemas karena dengan blog ini hal itu dapat teratasi. Nah disini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mengembalikan file yang hilang menggunakan software Recuva.

Sebelum melakukan pengembalian data yang hilang, sebaiknya Anda mematikan koneksi internet dan Wi-Fi agar tidak ada data baru yang masuk.

Software Recuva, adalah software yang bisa menyelamatkan data di Android yang telah hilang. Recuva bukan aplikasi Android melainkan aplikasi untuk PC. Dan untuk menggunakan Recuva kita membutuhkan 1 unit PC.

Jika Android Anda belum pernah di root, ini akan sangat cocok dengan software Recuva. Pertama Anda bisa download Recuva disini. Bisa memilih aplikasi Recuva yang gratis ataupun yang berbayar sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, install dan jalankan program tersebut.

Selanjutnya, hubungkan antara handphone Android Anda dengan PC, hubungkan dengan kabel USB dengan koneksi Mass Storage Device. Jika file yang hilang berada di SD Card, maka hubungkanlah langsung menggunakan adapter.

Jika sudah terhubung, buka Recuva yang tadi di install. Pilih jenis file yang akan diselamatkan. Anda juga bisa menyelamatkan file berdasarkan jenis, tempat atau folder penyimpanannya . Setelah itu, Recuva akan mencari file yang telah hilang tersebut.

Sudah ditemukan? Silahkan save file tersebut ke tempat penyimpanan sebelumnya. Disarankan untuk menyimpan file tersebut di hard disk PC agar mencegah kerusakan file jika disimpan di perangkat Android kembali. Setelah di back up di PC barulah Anda masukkan kembali ke perangkat Android.