Sudah pengguna Smartphone ataupun Android yang sudah menggunakan aplikasi musik. Banyak sekali aplikasi musik yang digunakan, seperti musixmatch, double twist dan sebagainya.

Kini ada aplikasi musik yang memiliki perpustakaan musiknya sendiri yang menandai, mengorganisir pada list musik. Hal ini menjadi salah satu tugas yang sederhana. Jika lagu tanpa adanya informasi yang cukup memadai itu akan rumit saat browsingnya. Sering sekali kita kesulitan untuk menemukan jumlah trek yang tidak diberi nama ataupun sebelumnya tidak diatur pada album pengguna. Nah gimana sih caranya untuk mengedit tag pada aplikasi music. Dengan menggunaan aplikasi music ID3 anda bisa mengedit tag nya secara otomatis. Berikut cara mengedit tag pada aplikasi ID3 secara otomatis:

1.Mengedit ID3 tag koleksi MP3 di Apple iTunes

Hal ini untuk memudahkan memperbaharui album lagu secara benar mengenai informasi ID3 tag. Contohnya memperbaharui album dan dapat melacak nomor dengan iTunes. Jadi dengan menggunakan ID3 tag ini bisa menambah, menghapus maupun mengedit informasi mengenai trek atau lagu. Caranya sebagai berikut:

2.Mendapatkan informasi trek/lagu

Langkah pertama buka iTunes lalu copy playlist atau album ke iTunes. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu sudah menginstall aplikasi iTunes.

Untuk mengedit informasi mengenai album pada lagu, pilih lagu lalu pilih mereka di album dengan cara tekan tombol Ctr+klik dan tekan &#39:Get Info’ jika sudah anda bisa mengedit ataupun menghapus serta menambahkan album artie, nama artis, album ini dirilis tahuh.

3.Mengedit informasi album

Untuk mendapatkan informasi album ataupun lagu anda dapat mengubah, menambah atau menghapus judul trek di nomor tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengedit tag pada aplikasi ID3 secara otomatis. Semoga bermanfaat.