Smartphone, tidak peduli sebagaimana canggihnya dia selalu membawa resiko yaitu rusak. Entah karena jatuh tidak sengaja dari saku, tersiram air dll yang mungkin kita harus membelinya dengan  yang baru. Salah satu masalah yang paling umum yang dihadapi oleh pengguna smartphone adalah tombol hardware tidak berfungsi dan kita tidak tahu alasannya.

Dalam artikel ini saya akan berbagi bagaimana untuk mendapatkan kontrol volume smartphone ketika tombol volume tidak berfungsi, yang membuat kita kebingungan bagaimana cara mengatur volume jika tombolnya tidak berfingsi

Untuk mendapatkan kekuatan tombol volume kita akan menggunakan sebuah aplikasi yang disebut Volume ChopCUT. Jadi,  aplikasi ini dibutuhkan ketika fungsi tombol volume rusak dan akan men-transfer pada layar.

VolumeChopCUT sangat sederhana untuk digunakan, kita hanya perlu memilih pengaturan yang tepat setelah menginstal.

Cara Mengatur Suara Pada Android Ketika Tombol Volume Tidak Berfungsi

1. Pemberitahuan Dasar: Opsi ini sangat ringan saat menambahkan pemberitahuan tunggal dalam panel notifikasi dan kita dapat menetapkan satu fungsi (Media Volume volume / alarm / volume panggilan / dering volume). Fungsi yang lain juga dapat diberikan tetapi hanya satu baris yang akan digunakan dalam pilihan notifikasi dasar.

Cara Mengatur Suara Pada Android Ketika Tombol Volume Tidak Berfungsi

2. Perpanjangan Pemberitahuan: Opsi ini juga menambahkan notifikasi berkelanjutan dalam panel notifikasi tetapi memberikan kontrol diperpanjang dibandingkan dengan pemberitahuan dasar. Untuk melakukan seluruh proses itu dengan cara menambah built-in atas dan bawah tombol untuk mengontrol volume.

Cara Mengatur Suara Pada Android Ketika Tombol Volume Tidak Berfungsi

3. Floating Widget: Seperti namanya, opsi ini menambahkan widget yang mengapung di layar dan dapat diseret di mana saja.  Ia memiliki sejumlah ikon untuk di jadikan widget, ukuran ikon dan transparansi dapat disesuaikan.

4. Floating Equalizer: Ini adalah fitur eksperimental yang memberikan kita akses ke equalizers melalui tombol floating.

Selain semua pilihan yang disebutkan di atas kita juga dapat mengintegrasikan VolumeChopCUT dengan Google dan kita akan dapat mengontrol volume melalui perintah suara. Untuk melakukannya kita harus memberikan akses ke pengaturan aksesibilitas.