Jangan panik dulu kalau smartphone Anda terkena air. Masih ada cara untuk mengatasinya. Smartphone memang sangat rentan terkena air apalagi kalau sedang musim hujan. Smartphone akan dengan mudah rusak apabila terkena air. Ada beberapa cara untuk mengatasi smartphone yang terkena air, simak tips berikut ini

  1. Matikan dan keringkan smartphone
    Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mematikan smartphone Anda dan keringkan menggunakan tisu atau lap yang bisa menyerap air. Apabila smartphone Anda lama terendam air maka kemungkinan komponen smartphone yang terkena air semakin banyak, maka dari itu Anda harus cepat cepat mengambil smartphone Anda yang terkena air dan keringkan.
  2. Lepaskan semua komponen
    Setelah mematikan smartphone dan mengeringkannya, selanjutnya Anda harus melepas komponen smartphone. Mulai dari casing, baterai, kartu memori, kartu SIM dan lain-lain. Keringkan komponen yang tadi sudah dilepas.
  3. Masukkan ke dalam beras
    Beras memiliki fungsi untuk menyerap embun air. Sebaiknya Anda menggunakan beras untuk mengeringkan total komponen smartphone, jangan dengan cara menjemurnya karena dengan cara menjemur komponen smartphone bisa saja merusaknya karena panas yang berlebih. Anda bisa gunakan beras dengan cara memasukkan smartphone Anda yang terkena air ke dalam tempat yang berisi beras. Smartphone Anda harus benar-benar terkubur di dalam beras lalu Anda tutup rapat tempat beras tersebut dan simpan minimal 12 jam.
  4. Isi daya baterai
    Setelah memasukkan smartphone ke dalam beras atau lebih tepatnya mengubur smartphone, Anda pasang kembali komponen yang tadinya dilepas. Selanjutnya Anda isi daya baterai smartphone Anda dan jangan dulu dinyalakan. Biarkan daya baterai terisi hingga penuh setelah penuh baru Anda nyalakan smartphonenya.
  5. Nyalakan smartphone
    Setelah baterai terisi penuh, selanjutnya Anda nyalakan smartphonenya. Setelah itu langsung periksa fitur yang ada smartphone. Apabila smartphone Anda tetap tidak bisa dinyalakan, maka saatnya Anda ke service center, ditakutkan ada komponen yang sudah rusak.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi smartphone yang terkena air. Semoga bermanfaat 🙂