Dalam dunia smartphone yang serba canggih sekarang ini, segala hal menjadi lebih mudah. Tapi tentu saja ada masalah yang ditimbulkan dalam penggunaan smartphone, misalnya smartphone kita yang sering restart sendiri. Nah, hal ini menjadi sangat menyebalkan ketika kita sedang menggunakan smartphone kita dengan asiknya, tapi ada beberapa cara mengatasi smartphone yang sering restart sendiri, berikut ulasannya.

 

1. Hard Reset
Hard reset adalah melakukan pelepasan baterai dalam keadaan smartphone hidup, hal ini dapat mengatasi bootloop ringan ketika smartphone Anda panas atau RAM dan processor bekerja terlalu keras. Ini sering terjadi karena penggunaan bermain game yang terlalu lama.

 

2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting
Buang aplikasi yang tidak penting atau tidak pernah digunakan lagi, karena bisa jadi salah satu faktor smartphone restart sendiri karena terlalu banyak aplikasi yang diterapkan pada smartphone. Biasanya terjadi karena aplikasi yang tidak bekerja dengan baik atau tidak mendukung sistem operasi yang digunakan.

 

3. Update Pada Software
Apabila smartphone yang digunakan sudah terkena bug dari sistem android bawaan, bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu faktor smartphone restart sendiri. Hal ini bisa diatasi dengan cara meng-update software baik dengan cara OTA ataupun Wifi.

 

4. Install AntiVirus
Salah satu faktor yang bisa membuat smartphone kita restart sendiri adalah adanya virus pada smartphone yang kita gunakan, dan satu-satunya cara untuk membasmi virus tersebut adalah dengan meng-install antivirus pada smartphone Anda.

 

5. Factory Reset
Ini adalah cara terakhir yang digunakan bila smartphone Anda tidak dapat ditangani dengan cara diatas, yaitu dengan cara factory reset. Factory reset adalah sebuah layanan yang ada pada setiap ponsel dan smartphone gunanya yaitu untuk mengembalikan pengaturan pada smartphone dari awal lagi. Hal ini juga membuat semua data milik Anda hilang 😀

 

Cukup untuk hari ini, semoga bermanfaat yah Kawan 😀 Terima kasih 😀