Ponsel pintar ini banyak memiliki kelebihan dibanding dengan ponsel biasa, tapi tentu saja ponsel pintar ini tidak lepas dari fungsi sederhananya yaitu mengirim dan menerima pesan.

pesan singkat (SMS) ini masih menjadi unggulan dan tercepat dalam pengiriman pesan serta tergolong murah. Tapi ada saja gangguan yang membuat kita tidak bisa menerima atau mengirim pesan singkat. Nah, bagaimana cara mengatasinya ini dia caranya.

1. Cek Nomor Pusat Pesan ( SMS Center )

Ini bisa dilakukan pada menu setting pada pesan Anda, lihat apakah sudah sesuai nomor SMS Center dengan SIM Card yang Anda gunakan. Contohnya bisa kita lihat beberapa nomor SMS Center yang paling banyak digunakan.

  • simPATI dan AS 081100000
  • IM3 0855000000
  • XL 0818445009
  • Mentari 0816124
  • 3 089644000001
  • AXIS 08315000032

Nah, disini kita bisa lihat pusat pesan dari masing-masing operator, sekarang tinggal cocokan dengan pusat pesan yang ada di Handphone Android Anda.

2. Cek Obrolan Pesan ( Conversation )

Bila cara yang pertama belum berhasil, coba dengan cara mengecek obrolan pesan (Conversation) Anda. Karena bila terlalu banyak coversation berpengaruh terhadap memori yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan.

3. Inbox Dan Outbox Penuh

Pengiriman dan penerimaan SMS bisa juga disebabkan oleh penuhnya inbox dan outbox pada smartphone Anda, jadi sebaiknya pesan yang sudah tidak digunakan lagi dihapus, hal ini juga sering tidak disadari oleh banyak pengguna android.

4. Sinyal

Gagalnya pengiriman dan penerimaan SMS bisa juga disebabkan oleh tidak adanya sinyal di smartphone Anda, ini juga sering tidak disadari oleh penggunanya dikarenakan kita merasa dijaman yang teknologinya sudah berkembang seperti ini sudah pasti sinyal terdapat dimana-mana, tapi ada beberapa tempat yang belum dijangkau oleh sinyal handphone kita.

Sekian dulu untuk hari ini semoga bermanfaat yah Kawan 😀 terima kasih 😀